Halaman

Kamis, 14 Juni 2012

Perdagangan Internasional

Perdagangan Internasional
Apa yang terjadi dalam perdagangan?perdagangan erat hubungannya dengan pasar.Artinya, dalam perdagangan kita menyaksikan proses atau kegiatan traksaksi(jual beli) barang dan jasa beserta sejumlah pelaku (penjual dan pembeli) yang terlibat di dalamnya.Pelaku yang terlibat bisa dalam batas wilayah tertentu (lokal),atau wilayah luas dalam suatu negara (nasional) bahkan antarnegara (internasioanl).

Perdagangan internasional adalah transaksi barang dan jasa antarnegara melalui ekspor dan impor atau Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan lintas negara.


Negara memproduksi sebagian kebutuhannya sendiri dan mengekspor kelebihannya, kemudian mengimpor apa yang tidak diproduksinya. Kita mungkin bertanya-tanya, kenapa negara melakukan perdagangan internasional, bukannya menikmati semua hasil produksinya sendiri? Jika negara yang memiliki sumber daya yang sangat lengkap, bukankah akan lebih baik ia memproduksi semuanya untuk digunakan sendiri, sehingga ia tidak perlu mengekspor dan mengimpor?

Konsep keunggulan absolut

Teori Keunggulan Absolut ( Adam Smith ) Bahwa setiap negara akan memperoleh manfaat perdagangan internasional karena melakukan spesialisasi produksi dan mengekspor barang jika negara tersebut memiliki keunggulan mutlak, serta mengimpor barang jika negara tersebut memiliki ketidakunggulan mutlak.

Teori absolute advantage ini didasarkan kepada beberapa asumsi pokok antara lain:Faktor produksi yang digunakan hanya tenaga kerja saja. Kualitas barang yang diproduksi kedua negara sama. Pertukaran dilakukan secara barter atau tanpa uang. Biaya transpor ditiadakan.


Konsep keunggulan komparatif

Perdagangan internasional biasanyaberdasarkan keunggulan komparatif (comparative advantage) yang dimiliki negara-negara untuk menyediakan produk tertentu. Namun secara sederhana, adanya perdagangan akan menciptakan spesialisasi, yaitu setiap negara dapat menspesialisasikan pada barang dan jasa tertentu. Spesialisasi akan meningkatkan produktivitas, yang dalam jangka panjang akan meningkatkan standar hidup semua negara yang terlibat didalamnya. Perdagangan internasional merupakan jalan untuk menuju kemakmuran negara-negara.

Setiap negara memiliki keunggulan komparatifnya masing-masing.keunggulan itu tergantung pada sumber daya yang dimiliki.sekarang tinggal bagaimana negara bersangkutan mengelola sumber dayanya menjadi faktor produksi yang efektif.
Keunggulan komparatif adalah kemampuan suatu negara menghasilkan suatu produk dengan biaya produksi lebih murah ketimbang negara lain.

Keunggulan komparatif yang dimiliki indonesia antara lain produksi teksti.Indonesia mampu memproduksi tekstil berkualitas dengan biaya produksi rendah sehingga harganya murah.Dengan keunggulan itu,indonesia menjalin hubungan dagang dengan Jepang,AS,dan negara-negara Eropa.Bagi negara-negara itu,lebih baik mengimpor tekstil dari Indonesia ketimbang memproduksinya sendiri dengan harga jauh lebih mahal.

Pemasaran internasional
Pemasaran internasional adalah Penerapan konsep, prinsip, aktifitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusaahaan kepada konsumen di berbagai negara


Manfaat dan hambatan perdagangan internasional

Perdagangan internasional memainkan peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan dunia.manfaat yang diperoleh dari perdagangan imnternasional anatara lain :
1. Menciptakan efisiensi dan spesialisasi
2. Memungkinkan konsumsi yang lebih luas bagi penduduk suatu negara
3. Mendorong semangat berprestasi dan bersaing
4. Sumber pemasukan kas negara
5. Kerjasama dan persahabatan negara

Hambatan perdagangan internasional

Hambatan perdagangan internasional antara lain bertujuan melindungi neraca pembayaran dan industri dalam negeri terhadap persaingan luar negeri.Hambatan perdagangan internasional antara lain sebagai berikut:

1. Tarif
Tarif adalah pembebanan pajak (custom duties) terhadap barang-barang yang melewati batas suatu negara.

2. Kuota (quota)
Kuota adalah pembatasan jumlah fisik terhadap barang yang diperdagangkan secara internasional.Kuota impor adalah pembatasan jumlah fisik yang masuk ke dalam negeri dan quota ekspor adalah pembatasan jumlah fisik barang-barang yang diekspor ke luar negeri.

3. Perjanjian pembatasan ekspor
Perjanjian pembatasan ekspor adalah perjanjian sukarela antara negara pengekspor dan negara pengimpor dalam rangka membatasi volume perdagangan untuk barang tertentu.

4. Pembatasan valuta asing
Pembatasan valuta asing adalah pembatasan persediaan mata uang asing oleh bank sentral suatu negara.


Perusahaan multinasional

Perusahaan multinasional adalah Perusahaan yang menjual produknya ke banyak negara, yang setiap negara di perlakukan pasar yang berbeda. Orientasi policentic (pasar di negara lian unik – program independen).
Dewasa ini,kegiatan perusahaan besar banyak yang beroperasi di berbagai negara.Banyak perusahaan asing yang membuka cabang di negara lain.Demikian juga arus penanaman modal ke negara lain.Dengan semakin terbukanya suatu negara terhadap kegiatan ekonomi dari negara lain akan mengakibatkan hubungan ekonomi dengan luar negeri semakin berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar