A. LATAR BELAKANG
Perkembangan dunia bisnis yang sangat pesat mendorong para pelaku bisnis
berjuang untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan nilai yang kompetitif.
Dalam kondisi ini, sistem informasi muncul sebagai sebuah disiplin yang penting
untuk menyelesaikan masalah serta untuk membantu pengambilan keputusan
manajerial dalam sebuah infrastruktur yang terencana.
Komunikasi perlu dijalin guna dapat berbagi pengetahuan, gagasan, dan
pengalaman. Hal ini akan membuat akselerasi terhadap proses belajar
masing-masing, karena bisa saling memanfaatkan hasil belajar dari orang lain.
Konferensi ini memberikan kesempatan kepada para praktisi, akademisi, pengguna,
pengelola, serta pengamat sistem informasi untuk saling berbagi pengetahuan,
ide, gagasan dan pengalaman disiplin ilmu sistem informasi. Juga diharapkan
dari konferensi ini akan terbentuk masyarakat yang bisa menuntun pewujudan
sistem informasi sebagai salah satu solusi yang mengantarkan kehidupan yang
lebih baik bagi bangsa ini.
B. TUJUAN
1. Menyelenggarakan forum praktisi, peneliti, dan komunitas akademis
menyampaikan hasil penelitian terbaru tentang sistem informasi;
2. Melakukan eksplorasi terhadap isu, metode, dan masalah dalam
pengembangan serta penyebaran aplikasi yang mendukung sistem informasi;
3. Menjadi media bertukar pengalaman di bidang Sistem Informasi.
C. TEMA DAN JALUR KNSI
Panitia mengundang anda untuk menyampaikan makalah hasil penelitian/kajian untuk
dipresentasikan pada Konferensi Nasional Sistem Informasi 2006 (KNSI 2006).
Panitia akan memilih makalah menarik dan memiliki nilai tambah untuk disampaikan
di panel.
Tema konferensi dibagi dalam tiga kategori utama, yaitu:
(1) Organisasi,
(2) Teknologi, dan
(3) Manusia.
(1) Organisasi dan Sistem Informasi
Sistem informasi memerlukan kontribusi, komitmen dan kepedulian untuk
mendapatkan potensi yang sesungguhnya. Efektifitas dan efisiensi dalam
mentransfer teknologi memerlukan perubahan yang terus menerus dan berkelanjutan.
Peserta diharapkan bisa menyampaikan hasil penelitian yang berupa konsep, teori,
metodologi dan perangkat bantu baik dari sisi manajemen maupun sistem informasi
untuk mengidentifikasi faktor sukses, atau dampak sistem informasi pada
organisasi.
Beberapa tema yang bisa disajikan namun dengan tidak membatasi tema-tema lain
yang memiliki relevansi, adalah sebagai berikut:
· Perencanaan sistem informasi strategis
· Isu-isu yang berkaitan dengan penerimaan elemen organisasi terhadap
penerapan
· Kebijakan dan strategi pengembangan dan penerapan MIS di organisasi
· e-Procurement dan supply chain management
· Model-model e-Business – khususnya terkait pemanfaatan teknologi Web
Service
· Sistem pendukung keputusan dan intelejensia bisnis
· Metode evaluasi terhadap Sistem Informasi dan Balanced Scorecard
· Faktor-faktor penentu keberhasilan Sistem Informasi dalam mendukung
pencapaian VISI dan Misi Organisasi
· Manajemen perubahan dan riset perilaku
· Sistem outsourcing dan isu-isunya
· Audit sistem informasi
· Penerapan sistem informasi di beragam bidang organisasi dan kehidupan
(Pendidikan, Pemerintahan, Kesehatan, Manufaktur, Bisnis perdagangan, dsb )
(2) Teknologi dan Sistem Informasi
Kolaborasi antara teknologi informasi dan komunikasi telah memainkan peran utama
pengembangan sistem informasi. Kami mengundang anda untuk menyampaikan gagasan
tentang teknologi yang sedang berkembang dan mendiskusikan teori yang bisa
diaplikasikan organisasi, serta perannya dalam pengembangan sistem informasi.
Beberapa tema yang bisa disajikan, dengan tidak membatasi tema-tema lain yang
memiliki relevansi, adalah sebagai berikut:
· Infrastruktur dan konvergensi teknologi informasi
· Sistem informasi skala enterprise (ERP, EAI, CRM, SCM)
· Teknologi web services dan Isu-isunya
· Inovasi dalam analisis, perancangan, pengembangan dan perawatan
sistem informasi
· Manajemen data berkaitan dengan kualitas, keterpaduan, dan
penambangan data.
· Sisetm informasi manajemen bergerak
· Sistem jejaring tersebar
· Keamanan teknologi informasi
· Pendekatan pengembangan berbasis komponen dan gunaulang perangkat
lunak
· Inovasi penggunaan informasi (misalnya Telemedicine)
(3) Manusia dan Sistem Informasi
Saat ini, sistem perdagangan 24 jamx365 hari telah dapat diwujudkan dengan
menggunakan sistem layanan elektronik. Penyediaan akses langsung pada informasi,
pengetahuan dan layanan telah menambah kompleksitas implementasi dan integrasi
komponen-komponen sistem. Sistem informasi dikembangkan pada lingkungan
organisasi yang memiliki beban cukup berat. Sosio-teknik sering dapat memberikan
sentuhan alamiah pada sistem informasi. KNSI mengundang peneliti multi-disiplin
yang memiliki kepedulian pada perkembangan sistem informasi dipandang dari aspek
insani.
Perkembangan dunia bisnis yang sangat pesat mendorong para pelaku bisnis
berjuang untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan nilai yang kompetitif.
Dalam kondisi ini, sistem informasi muncul sebagai sebuah disiplin yang penting
untuk menyelesaikan masalah serta untuk membantu pengambilan keputusan
manajerial dalam sebuah infrastruktur yang terencana.
Komunikasi perlu dijalin guna dapat berbagi pengetahuan, gagasan, dan
pengalaman. Hal ini akan membuat akselerasi terhadap proses belajar
masing-masing, karena bisa saling memanfaatkan hasil belajar dari orang lain.
Konferensi ini memberikan kesempatan kepada para praktisi, akademisi, pengguna,
pengelola, serta pengamat sistem informasi untuk saling berbagi pengetahuan,
ide, gagasan dan pengalaman disiplin ilmu sistem informasi. Juga diharapkan
dari konferensi ini akan terbentuk masyarakat yang bisa menuntun pewujudan
sistem informasi sebagai salah satu solusi yang mengantarkan kehidupan yang
lebih baik bagi bangsa ini.
B. TUJUAN
1. Menyelenggarakan forum praktisi, peneliti, dan komunitas akademis
menyampaikan hasil penelitian terbaru tentang sistem informasi;
2. Melakukan eksplorasi terhadap isu, metode, dan masalah dalam
pengembangan serta penyebaran aplikasi yang mendukung sistem informasi;
3. Menjadi media bertukar pengalaman di bidang Sistem Informasi.
C. TEMA DAN JALUR KNSI
Panitia mengundang anda untuk menyampaikan makalah hasil penelitian/kajian untuk
dipresentasikan pada Konferensi Nasional Sistem Informasi 2006 (KNSI 2006).
Panitia akan memilih makalah menarik dan memiliki nilai tambah untuk disampaikan
di panel.
Tema konferensi dibagi dalam tiga kategori utama, yaitu:
(1) Organisasi,
(2) Teknologi, dan
(3) Manusia.
(1) Organisasi dan Sistem Informasi
Sistem informasi memerlukan kontribusi, komitmen dan kepedulian untuk
mendapatkan potensi yang sesungguhnya. Efektifitas dan efisiensi dalam
mentransfer teknologi memerlukan perubahan yang terus menerus dan berkelanjutan.
Peserta diharapkan bisa menyampaikan hasil penelitian yang berupa konsep, teori,
metodologi dan perangkat bantu baik dari sisi manajemen maupun sistem informasi
untuk mengidentifikasi faktor sukses, atau dampak sistem informasi pada
organisasi.
Beberapa tema yang bisa disajikan namun dengan tidak membatasi tema-tema lain
yang memiliki relevansi, adalah sebagai berikut:
· Perencanaan sistem informasi strategis
· Isu-isu yang berkaitan dengan penerimaan elemen organisasi terhadap
penerapan
· Kebijakan dan strategi pengembangan dan penerapan MIS di organisasi
· e-Procurement dan supply chain management
· Model-model e-Business – khususnya terkait pemanfaatan teknologi Web
Service
· Sistem pendukung keputusan dan intelejensia bisnis
· Metode evaluasi terhadap Sistem Informasi dan Balanced Scorecard
· Faktor-faktor penentu keberhasilan Sistem Informasi dalam mendukung
pencapaian VISI dan Misi Organisasi
· Manajemen perubahan dan riset perilaku
· Sistem outsourcing dan isu-isunya
· Audit sistem informasi
· Penerapan sistem informasi di beragam bidang organisasi dan kehidupan
(Pendidikan, Pemerintahan, Kesehatan, Manufaktur, Bisnis perdagangan, dsb )
(2) Teknologi dan Sistem Informasi
Kolaborasi antara teknologi informasi dan komunikasi telah memainkan peran utama
pengembangan sistem informasi. Kami mengundang anda untuk menyampaikan gagasan
tentang teknologi yang sedang berkembang dan mendiskusikan teori yang bisa
diaplikasikan organisasi, serta perannya dalam pengembangan sistem informasi.
Beberapa tema yang bisa disajikan, dengan tidak membatasi tema-tema lain yang
memiliki relevansi, adalah sebagai berikut:
· Infrastruktur dan konvergensi teknologi informasi
· Sistem informasi skala enterprise (ERP, EAI, CRM, SCM)
· Teknologi web services dan Isu-isunya
· Inovasi dalam analisis, perancangan, pengembangan dan perawatan
sistem informasi
· Manajemen data berkaitan dengan kualitas, keterpaduan, dan
penambangan data.
· Sisetm informasi manajemen bergerak
· Sistem jejaring tersebar
· Keamanan teknologi informasi
· Pendekatan pengembangan berbasis komponen dan gunaulang perangkat
lunak
· Inovasi penggunaan informasi (misalnya Telemedicine)
(3) Manusia dan Sistem Informasi
Saat ini, sistem perdagangan 24 jamx365 hari telah dapat diwujudkan dengan
menggunakan sistem layanan elektronik. Penyediaan akses langsung pada informasi,
pengetahuan dan layanan telah menambah kompleksitas implementasi dan integrasi
komponen-komponen sistem. Sistem informasi dikembangkan pada lingkungan
organisasi yang memiliki beban cukup berat. Sosio-teknik sering dapat memberikan
sentuhan alamiah pada sistem informasi. KNSI mengundang peneliti multi-disiplin
yang memiliki kepedulian pada perkembangan sistem informasi dipandang dari aspek
insani.
Pengetahuan Dasar Mengenai
Komputer
Komputer berperan penting dalam
revolusi komunikasi. Salah satu contohnya
dikenal dengan sebutan PC (personal computer) yang diciptakan untuk
memudahkan suatu pekerjaan. Komputer memiliki dunia jenis perangkat, yaitu
perangkat fisik/ keras (HARDWARE) dan perangkat lunak (SOFTWARE).
dikenal dengan sebutan PC (personal computer) yang diciptakan untuk
memudahkan suatu pekerjaan. Komputer memiliki dunia jenis perangkat, yaitu
perangkat fisik/ keras (HARDWARE) dan perangkat lunak (SOFTWARE).
HARDWARE
PC terdiri dari beberapa komponen
penting yang menunjanganya, yaitu :
* Memory
Memori dalam sebuah komputer
tak lain adalah sebuah sistem penyimpanan
internal komputer. Di dalam dunia teknologi, jenis memori yang bersifat
sangat penting dikenal dengan sebutan RAM (random access memory). Di
dalamnya disimpan segala bentuk program dan data yang diperoleh dari hasil
penggunaan komputer.
internal komputer. Di dalam dunia teknologi, jenis memori yang bersifat
sangat penting dikenal dengan sebutan RAM (random access memory). Di
dalamnya disimpan segala bentuk program dan data yang diperoleh dari hasil
penggunaan komputer.
* CPU (central
processing unit)
CPU tak ubahnya seperti ”otak”
dari sebuah komputer. CPU lah yang mengatur
program – program apa saja yang dapat dipergunakan di komputer tersebut dan
juga perihal kecepatan dalam memproses data.
program – program apa saja yang dapat dipergunakan di komputer tersebut dan
juga perihal kecepatan dalam memproses data.
* Expansion Board
Beberapa komputer dirancang
memiliki sebuah celah atau lubang tempat
’expansion boards’ dicocokkan. Perangkat ini berguna bagi beberapa fungsi
dasar komputer seperti meningkatkan tampilan pada monitor, atau meningkatkan
kinerja pengoperasian komputer.
’expansion boards’ dicocokkan. Perangkat ini berguna bagi beberapa fungsi
dasar komputer seperti meningkatkan tampilan pada monitor, atau meningkatkan
kinerja pengoperasian komputer.
* Data Storage
Beberapa sistem
dipergunakan untuk memasukan data, bahkan saat komputer
dalam keadaan mati. Contohnya adalah ’floppy disk’ yang digunakan untuk
menyimpan data yang berasal dari luar komputer (disket). Atau ’hard drives’
yang merupakan sistem yang paling dikenal dalam penyimpanan data.
dalam keadaan mati. Contohnya adalah ’floppy disk’ yang digunakan untuk
menyimpan data yang berasal dari luar komputer (disket). Atau ’hard drives’
yang merupakan sistem yang paling dikenal dalam penyimpanan data.
* Monitor
Monitor merupakan komponen
yang memunculkan tampilan gambar atau data dari
sebuah komputer. Saat ini bagian pemasaran komputer sedang berlomba lomba
untuk mengembangkan kecanggihan monitor. Dari mulai ukuran monitor yang
berpengaruh pada daya jangkau penglihatan atas sebuah gambar hingga
peningkatan resolusi gambar.
sebuah komputer. Saat ini bagian pemasaran komputer sedang berlomba lomba
untuk mengembangkan kecanggihan monitor. Dari mulai ukuran monitor yang
berpengaruh pada daya jangkau penglihatan atas sebuah gambar hingga
peningkatan resolusi gambar.
MICROCOMPUTER
Sebelum adanya PC, industri
komputer didominasi oleh ’mini computer system’.
popularitas PC dianggap sebagai bagian dari jejak langkah IBM microcomputer,
yaitu pada tahun 1981 dimana orang orang sudah mengenal IBM dan PC
dilontarkan.
popularitas PC dianggap sebagai bagian dari jejak langkah IBM microcomputer,
yaitu pada tahun 1981 dimana orang orang sudah mengenal IBM dan PC
dilontarkan.
* Portable
Personal Computer
Semakin maju teknologi,
semakin banyak produk komputer yang diciptakan untuk
memudahkan manusia. Seperti ‘battery-operated notebook computer’ yang mudah
dibawa bepergian. Produk ini dirancang dengan kualitas warna tampilan yang
tinggi, modem internal, jaringan penghubung, dan CD-ROM. Perkembangan
teknologi membuat produk ini semakin kecil dan ringan hingga semakin mudah
dibawa bawa.
memudahkan manusia. Seperti ‘battery-operated notebook computer’ yang mudah
dibawa bepergian. Produk ini dirancang dengan kualitas warna tampilan yang
tinggi, modem internal, jaringan penghubung, dan CD-ROM. Perkembangan
teknologi membuat produk ini semakin kecil dan ringan hingga semakin mudah
dibawa bawa.
* Human Computer
Interface
Berkomunikasi dengan komputer
secara langsung dilakukan melalui perangkat
keras yang kita gunakan. Komponen yang paling umum digunakan berinteraksi
adalah keyboard. Komponen ini digunakan untuk mengontrol dan mengoperasikan
program. Keyboard dilengkapi perangkat tambahan yang dikenal dengan sebutan
’mouse’. ’Mouse’ digunakan untuk mempermudah kita memilih perintah perintah
yang ditampilkan di layar monitor untuk selanjutnya dilaksanakan oleh
komputer. Alat lain yang memudahkan kita untuk berinteraksi secara langsung
dengan komputer adalah layar sentuh (touch screen), dengan ini, kita dapat
berinteraksi secara langsung dengan monitor dengan menekan perintah perintah
yang ada pada tampilan monitor. Ada pula alat yang disebut dengan ’pen
metaphor’, benda tersebut berbentuk pena namun khusus digunakan pada layar
monitor untuk menulis atau menggambar.
keras yang kita gunakan. Komponen yang paling umum digunakan berinteraksi
adalah keyboard. Komponen ini digunakan untuk mengontrol dan mengoperasikan
program. Keyboard dilengkapi perangkat tambahan yang dikenal dengan sebutan
’mouse’. ’Mouse’ digunakan untuk mempermudah kita memilih perintah perintah
yang ditampilkan di layar monitor untuk selanjutnya dilaksanakan oleh
komputer. Alat lain yang memudahkan kita untuk berinteraksi secara langsung
dengan komputer adalah layar sentuh (touch screen), dengan ini, kita dapat
berinteraksi secara langsung dengan monitor dengan menekan perintah perintah
yang ada pada tampilan monitor. Ada pula alat yang disebut dengan ’pen
metaphor’, benda tersebut berbentuk pena namun khusus digunakan pada layar
monitor untuk menulis atau menggambar.
SOFTWARE
Software atau perangkat lunak
adalah komponen dalam sistem
pemrosesan data.
Fungsinya seperti mengidentifikasi program, menyiapkan aplikasi program
sehingga tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol dan lebih efisien.
Fungsinya seperti mengidentifikasi program, menyiapkan aplikasi program
sehingga tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol dan lebih efisien.
* Operating
system and graphical user interfaces
Operating system (OS) merupakan
bagian terpenting dalam perangkat lunak
computer. Program ini diciptakan untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan
kegiatan dari sistem komputer, terutama kerja komputer yang bersifat
mendasar seperti pengaturan data, tabel pengkodean, atau mengatur memori.
Contohnya adalah windows, LINUX, MS-DOS. MS-DOS menjadi ukuran standar bagi
sebuah PC, MS-DOS menggunakan teks sebagai sarana berinteraksi. Sedangkan
Graphical user interfaces (GUI) menggunakan metaphor visual untuk
berinteraksi.Window merupakan scontoh dari software. Setiap program yang
sedang berjalan ditampilkan dalam ’window’ nya masing masing. ’window’ ini
dapat berpindah, berubah ukuran, atau hilang tergantung perintah yang kita
berikan kepada komputer.
computer. Program ini diciptakan untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan
kegiatan dari sistem komputer, terutama kerja komputer yang bersifat
mendasar seperti pengaturan data, tabel pengkodean, atau mengatur memori.
Contohnya adalah windows, LINUX, MS-DOS. MS-DOS menjadi ukuran standar bagi
sebuah PC, MS-DOS menggunakan teks sebagai sarana berinteraksi. Sedangkan
Graphical user interfaces (GUI) menggunakan metaphor visual untuk
berinteraksi.Window merupakan scontoh dari software. Setiap program yang
sedang berjalan ditampilkan dalam ’window’ nya masing masing. ’window’ ini
dapat berpindah, berubah ukuran, atau hilang tergantung perintah yang kita
berikan kepada komputer.
* Database and
Spreadsheet program
Program database digunakan
untuk mendaftar suatu informasi, sehingga
informasi yang ada disimpan dan diatur sedemikian rupa di dalam komputer.
Melalui adanya program ini, komputer dapat mengolah data dalam bentuk file
secara rapi, cepat dalam hal penempatan dan manipulasi. Dengan ini,
seseorang dapat mencari tahu informasi secara mendetail tentang sesuatu yang
telah disimpan di dalam sebuah komputer. Lain halnya dengan program
spreadsheet, program ini cocok dengan bidang finansial. Data akan dimasukan
dengan format berupa tabel, kolom, dan baris. Fungsinya hampir seperti
fungsi matematika. Program ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti
diagram batang, diagram garis, dsb. Contohnya adalah Microsoft Excel.
informasi yang ada disimpan dan diatur sedemikian rupa di dalam komputer.
Melalui adanya program ini, komputer dapat mengolah data dalam bentuk file
secara rapi, cepat dalam hal penempatan dan manipulasi. Dengan ini,
seseorang dapat mencari tahu informasi secara mendetail tentang sesuatu yang
telah disimpan di dalam sebuah komputer. Lain halnya dengan program
spreadsheet, program ini cocok dengan bidang finansial. Data akan dimasukan
dengan format berupa tabel, kolom, dan baris. Fungsinya hampir seperti
fungsi matematika. Program ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti
diagram batang, diagram garis, dsb. Contohnya adalah Microsoft Excel.
* Word processing
program
Fungsi dasarnya adalah
pembuatan dokumen, yaitu mengetik surat, berita, atau
cerita. Intinya adalah seperti mesin ketik elektronik yang canggih.
cerita. Intinya adalah seperti mesin ketik elektronik yang canggih.
* Web browsers
Ketika kita menggunakan
fasilitas internet, kita akan berinteraksi secara
universal dengan web browser. Program ini dapat dugunakan untuk mengedit
halaman untuk internet.
universal dengan web browser. Program ini dapat dugunakan untuk mengedit
halaman untuk internet.
* Programming
languages
Program pengaplikasian
diciptakan melalui bahasa pemrograman. Program ini
menerjemahkan satu set instruksi untuk melakukan sebuah operasi sehingga
dapat dimengerti oleh komputer. Bahasa yang umum meliputi Visual Basic ,
pascal, and Java.
menerjemahkan satu set instruksi untuk melakukan sebuah operasi sehingga
dapat dimengerti oleh komputer. Bahasa yang umum meliputi Visual Basic ,
pascal, and Java.
* Graphic Program
Program ini digunakan untuk
membuat gambar. Dengan program ini,
seseorangdapat mengedit gambar yang sudah jadi atau, membuat gambar.
Pengaturan warna yang lebih tajam, lebih kontras, hingga gambar yang dapat
bergerak dapat dibuat dengan menggunakan program ini. Beberapa contoh
graphic program adalah :
seseorangdapat mengedit gambar yang sudah jadi atau, membuat gambar.
Pengaturan warna yang lebih tajam, lebih kontras, hingga gambar yang dapat
bergerak dapat dibuat dengan menggunakan program ini. Beberapa contoh
graphic program adalah :
*
1. paint programs.
2. image editing program
3. drawing program
4. computer aided design program
5. animation and 3-D program
6. presentation progeram
7. visualization program
8. implications
1. paint programs.
2. image editing program
3. drawing program
4. computer aided design program
5. animation and 3-D program
6. presentation progeram
7. visualization program
8. implications
PRINTER AND LOCAL AREA NETWORK
* Printer
Printer memproduksi informasi
yang telah diproses di dalam komputer menjadi
nyata, biasanya data yang telah diolah di komputer dicetak menggunakan
printer. Ada 4 macam printer :
nyata, biasanya data yang telah diolah di komputer dicetak menggunakan
printer. Ada 4 macam printer :
*
1. laser printer, printer jenis ini mencetak dokumen dengan
kualitas yang hampir mendekati dokumen yang telah diolah di computer.
2. ink-jet printer, dibandingkan denagn laser printer, biaya
printer jenis ini lebih efisien.
3. dot-matrix printer, printer ini menjadi jenis yang paling
disukai pada era PC. Pada printer jenis ini, gambar dihasilkan melalui
kumpulan titik tik yang tersebar dengan jarak dekat sehingga terlihat
merata.
4. plotter, printer ini menggunakan satu set pulpen untuk membuat
cetakan yang berhubungan dengan dania teknik atau arsitektur.
1. laser printer, printer jenis ini mencetak dokumen dengan
kualitas yang hampir mendekati dokumen yang telah diolah di computer.
2. ink-jet printer, dibandingkan denagn laser printer, biaya
printer jenis ini lebih efisien.
3. dot-matrix printer, printer ini menjadi jenis yang paling
disukai pada era PC. Pada printer jenis ini, gambar dihasilkan melalui
kumpulan titik tik yang tersebar dengan jarak dekat sehingga terlihat
merata.
4. plotter, printer ini menggunakan satu set pulpen untuk membuat
cetakan yang berhubungan dengan dania teknik atau arsitektur.
* Local Area
network
Pada intinya Local ara network
(LAN) merupakan sistem informasi
dan
komunikasi yang menghubungkan suatu PC dengan PC lainnya untuk bertukar
informasi atau data. Biasanya LAN digunakan untuk membuat ikatan atas suatu
grup perkantoran. Teknologi komputer mendesak pengaruh yang besar di bidang
komunikasi. Semakin hari komputer semakin canggih diciptakan meskipun hal
tersebut seiring dengan bertambahnya virus – virus baru yang dapat merusak
sistem pengoperasian komputer.
komunikasi yang menghubungkan suatu PC dengan PC lainnya untuk bertukar
informasi atau data. Biasanya LAN digunakan untuk membuat ikatan atas suatu
grup perkantoran. Teknologi komputer mendesak pengaruh yang besar di bidang
komunikasi. Semakin hari komputer semakin canggih diciptakan meskipun hal
tersebut seiring dengan bertambahnya virus – virus baru yang dapat merusak
sistem pengoperasian komputer.
peranan TI di dalam manajemen
supply chain dapat dilihat dari dua perspektif besar, yaitu Perspektif Teknis
dan Perspektif Manajerial :
1. Perspektif Teknis. Dilihat dari sisi teknis, ada dua fungsi dari teknologi informasi yang harus dipenuhi, yaitu:
a) Fungsi penciptaan aspek-aspek yang harus dapat dilakukan oleh TI adalah sebagai berikut:
• TI harus mampu menjadi medium atau sarana untuk mengubah fakta-fakta atau kejadian-kejadian sehari-hari yang dijumpai dalam bisnis perusahaan ke dalam format data kuantitatif.
• Teknoligi harus mampu mengubah data mentah yang telah dikumpulkannya tersebut menjadi informasi yang relevan bagi setiap penggunanya, yaitu manajemen, staf, konsumen, mitra bisnis, pemilik perusahaan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.
• Hasil dari pengambilan keputusan akan memberikan berbagai dampak langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja bisnis perusahaan. TI mengolah informasi yang diperoleh dengan berbagai konteks organisasi yang ada menjadi sebuah knowledge yang dapat diakses oleh semua pihak di dalam perusahaan.
• Kumpulan dari knowledge yang diperoleh dan dipelajari selama perusahaan beroperasi akan menjadi bekal suatu kebijakan yang tidak ternilai harganya.
b) Fungsi penyebaran terhadap entitas fakta, data, informasi, knowledge tersebut TI memiliki fungsi-fungsi yang berhubungan dengan aspek penyebaran sebagai berikut:
• Gathering. TI harus memiliki fasilitas-fasilitas yang mampu mengumpulkan entitas-entitas tersebut dan meletakkannya di dalam suatu media penyimpanan digital.
• Organising. Untuk memudahkan pencarian terhadap entitas-entitas tersebut di kemudian hari, TI harus memiliki mekanisme dalam mengorganisasikan penyimpanan entitas-entitas tersebut ke dalam media penyimpanan.
• Selecting. TI harus menyediakan fasilitas untuk memudahkan pencarian dan pemilihan.
• Synthesizing. TI harus mampu memenuhi kebutuhan manager dalam hal menggabungkan beberapa entitas menjadi satu kesatuan yang terintegrasi.
• Distributing. TI harus mampu memiliki infrastruktur yang dapat menyalurkan berbagai entitas dari tempat penyimpanannya ke pihak-pihak yang membutuhkannya.
2 Perspektif Manajerial Dilihat dari sisi bisnis manajerial, terutama dalam kaitannya dengan manajemen supply chain, ada tiga peranan yang diharapkan oleh perusahaan dari implementasi efektif sebuah TI, yaitu :
a) Mengurangi resiko (minimize risks) Pada umumnya resiko berasal dari adanya ketidakpastian dalam berbagai hal dan aspek-aspek eksternal lain yang berada diluar perusahaan. Kehadiran TI selain harus mampu membantu perusahaan mengurangi resiko bisnis yang ada, perlu pula menjadi sarana untuk membantu manajemen dalam mengelola resiko (managing risks) yang dihadapi sehari-hari.
b) Mengurangi biaya (minimize costs)Tawaran lain yang ditawarkan TI adalah perbaikan efisiensi dan optimalisasi proses-proses bisnis di perusahaan. Ada empat cara yang ditawarkan TI untuk mengurangi biaya-biaya yang seringkali dikeluarkan untuk kegiatan operasional sehari-hari, yaitu :
• Eliminasi proses. Implementasi berbagai komponen teknologi informasi akan mampu menghilangkan atau mengeliminasi proses yang dirasa tidak perlu (non value added process).
• Simplifikasi proses. Berbagai proses yang panjang dan berbelit-belit (birokratis) biasanya dapat disederhanakan dengan mengimplementasikan berbagai komponen TI (basisdata dan aplikasi misalnya).
• Integrasi proses. TI juga mampu melakukan pengintegrasian beberapa proses menjadi satu sehingga terasa lebih cepat dan praktis (secara langsung akan meningkatkan kepuasan pelanggan juga).
• Otomatisasi proses. Mengubah proses manual menjadi otomatis merupakan tawaran lain untuk mempermudah perusahaan melaksanakan kegiatan operasionalnya sehari-hari dari TI.
• Menambah nilai (add value) Tujuan dari penciptaan value tidak saja sekedar memuaskan pelanggan (customer satisfaction), tetapi lebih jauh lagi untuk menciptakan loyalitas (customer loyalty) sehingga pelanggan tersebut selalu menjadi konsumennya untuk jangka panjang (customer bonding). 1.Kedudukan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam pelaksanaan di perusahaan menempati posisi yang signifikan dan strategis mengingat fungsi utamanya yang akan mengelola seluruh data/informasi perkembangan maupun hasil-hasil pelaksanaan kegiatan di perusahaan. Melalui SIM dalam perusahaan, diharapkan akan menjadi sarana yang efektif untuk memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan serta hasil kegiatan secara keseluruhan. Pada akhirnya, akurasi data serta informasi yang dihasilkan dari SIM tersebut diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengambilan kebijakan dan keputusan stakeholders perusahaan dalam rangka perbaikan dan upaya penyempurnaan kinerja perusahaan. Tingkat validitas dan realibilitas SIM pada perusahaan sangat bergantung kepada penerapan manajemen data di semua tingkatan pelaku, oleh karena itu untuk menjamin agar pengelolaan manajemen data di semua tingkatan termonitor dengan baik diperlukan sumber daya yang cakap di dalamnya.
1. Perspektif Teknis. Dilihat dari sisi teknis, ada dua fungsi dari teknologi informasi yang harus dipenuhi, yaitu:
a) Fungsi penciptaan aspek-aspek yang harus dapat dilakukan oleh TI adalah sebagai berikut:
• TI harus mampu menjadi medium atau sarana untuk mengubah fakta-fakta atau kejadian-kejadian sehari-hari yang dijumpai dalam bisnis perusahaan ke dalam format data kuantitatif.
• Teknoligi harus mampu mengubah data mentah yang telah dikumpulkannya tersebut menjadi informasi yang relevan bagi setiap penggunanya, yaitu manajemen, staf, konsumen, mitra bisnis, pemilik perusahaan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.
• Hasil dari pengambilan keputusan akan memberikan berbagai dampak langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja bisnis perusahaan. TI mengolah informasi yang diperoleh dengan berbagai konteks organisasi yang ada menjadi sebuah knowledge yang dapat diakses oleh semua pihak di dalam perusahaan.
• Kumpulan dari knowledge yang diperoleh dan dipelajari selama perusahaan beroperasi akan menjadi bekal suatu kebijakan yang tidak ternilai harganya.
b) Fungsi penyebaran terhadap entitas fakta, data, informasi, knowledge tersebut TI memiliki fungsi-fungsi yang berhubungan dengan aspek penyebaran sebagai berikut:
• Gathering. TI harus memiliki fasilitas-fasilitas yang mampu mengumpulkan entitas-entitas tersebut dan meletakkannya di dalam suatu media penyimpanan digital.
• Organising. Untuk memudahkan pencarian terhadap entitas-entitas tersebut di kemudian hari, TI harus memiliki mekanisme dalam mengorganisasikan penyimpanan entitas-entitas tersebut ke dalam media penyimpanan.
• Selecting. TI harus menyediakan fasilitas untuk memudahkan pencarian dan pemilihan.
• Synthesizing. TI harus mampu memenuhi kebutuhan manager dalam hal menggabungkan beberapa entitas menjadi satu kesatuan yang terintegrasi.
• Distributing. TI harus mampu memiliki infrastruktur yang dapat menyalurkan berbagai entitas dari tempat penyimpanannya ke pihak-pihak yang membutuhkannya.
2 Perspektif Manajerial Dilihat dari sisi bisnis manajerial, terutama dalam kaitannya dengan manajemen supply chain, ada tiga peranan yang diharapkan oleh perusahaan dari implementasi efektif sebuah TI, yaitu :
a) Mengurangi resiko (minimize risks) Pada umumnya resiko berasal dari adanya ketidakpastian dalam berbagai hal dan aspek-aspek eksternal lain yang berada diluar perusahaan. Kehadiran TI selain harus mampu membantu perusahaan mengurangi resiko bisnis yang ada, perlu pula menjadi sarana untuk membantu manajemen dalam mengelola resiko (managing risks) yang dihadapi sehari-hari.
b) Mengurangi biaya (minimize costs)Tawaran lain yang ditawarkan TI adalah perbaikan efisiensi dan optimalisasi proses-proses bisnis di perusahaan. Ada empat cara yang ditawarkan TI untuk mengurangi biaya-biaya yang seringkali dikeluarkan untuk kegiatan operasional sehari-hari, yaitu :
• Eliminasi proses. Implementasi berbagai komponen teknologi informasi akan mampu menghilangkan atau mengeliminasi proses yang dirasa tidak perlu (non value added process).
• Simplifikasi proses. Berbagai proses yang panjang dan berbelit-belit (birokratis) biasanya dapat disederhanakan dengan mengimplementasikan berbagai komponen TI (basisdata dan aplikasi misalnya).
• Integrasi proses. TI juga mampu melakukan pengintegrasian beberapa proses menjadi satu sehingga terasa lebih cepat dan praktis (secara langsung akan meningkatkan kepuasan pelanggan juga).
• Otomatisasi proses. Mengubah proses manual menjadi otomatis merupakan tawaran lain untuk mempermudah perusahaan melaksanakan kegiatan operasionalnya sehari-hari dari TI.
• Menambah nilai (add value) Tujuan dari penciptaan value tidak saja sekedar memuaskan pelanggan (customer satisfaction), tetapi lebih jauh lagi untuk menciptakan loyalitas (customer loyalty) sehingga pelanggan tersebut selalu menjadi konsumennya untuk jangka panjang (customer bonding). 1.Kedudukan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam pelaksanaan di perusahaan menempati posisi yang signifikan dan strategis mengingat fungsi utamanya yang akan mengelola seluruh data/informasi perkembangan maupun hasil-hasil pelaksanaan kegiatan di perusahaan. Melalui SIM dalam perusahaan, diharapkan akan menjadi sarana yang efektif untuk memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan serta hasil kegiatan secara keseluruhan. Pada akhirnya, akurasi data serta informasi yang dihasilkan dari SIM tersebut diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengambilan kebijakan dan keputusan stakeholders perusahaan dalam rangka perbaikan dan upaya penyempurnaan kinerja perusahaan. Tingkat validitas dan realibilitas SIM pada perusahaan sangat bergantung kepada penerapan manajemen data di semua tingkatan pelaku, oleh karena itu untuk menjamin agar pengelolaan manajemen data di semua tingkatan termonitor dengan baik diperlukan sumber daya yang cakap di dalamnya.
2. meningkatkan kinerja
perusahaan sehingga sepadan dengan investasi yang ditanam, sementara di pihak
lain harus dapat mengatasi permasalahan pertumbuhan teknologi yang teramat
sangat cepat. Lepas dari permasalahan itu semua, telah disepakati bahwa
strategi sistem informasi harus sejalan atau ¡¥align¡¦ dengan strategi
perusahaan. sehingga segala keputusan yang dapat meningkatjan nikau value
bagi perusahaan dapat di putuskan dengan cepat, tepat dan aman.
3. Merancang Strategi Sistem
Informasi
AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
BalasHapusHalo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.
Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
BalasHapusApakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.
Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.
Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.