Halaman

Kamis, 26 April 2012


Bab I

Pendahuluan

1.1 Latar Belakang
Timor-Leste dalam proses pembangunannya dihadapkan pada suatu kondisi perekonomian dunia yang semakin global dan terintegrasi sedemikian kuatnya dengan negara di dunia, sehingga dengan kondisi global itu telah menciptakan berbagai kecenderungan berupa regionalisasi ekonomi dan perdagangan bebas dibarengi dengan arus informasi dan teknologi yang telah berubah dari teknologi sederhana menjadi teknologi canggih.
Ketika hasil referendum diumumkan, Timor-Leste di dalam menjalankan adminitrasi pemerintahannya tidak memiliki APBN sama sekali. Tapi Timor-Leste tetap punya komitmen dan semangat yang tinggi, dan hal itu betul-betul terbukti dan dimulai dari awal pemilihan dewan parliament serta pemilihan presiden dalam rangka mengaktifkan kembali pemerintahannya dibawah kendali oleh PBB dalam hal ini UNTAET (United Nations Transitional Administration in East Timor) dan langsung didirikannya lembaga-lembaga yang terpenting seperti NDP (Nations Development Plan), SP (Stability Program) dan SIPs (Sector Investment Programs) yang berorientasi pada pemanfaatan sumber daya alam-sumber daya alam yang tersedia di Timor-Leste. Dalam pembangunan kembali Timor-Leste program-program pemerintah lebih terfokus pada NDP dan SP, sasaran utama adalah untuk memproduksikan minyak, pajak dan manajemen usaha skala kecil dalam stabilitas ekonomi secara mikro maupun makro, serta proses perbaikan sedikit demi sedikit dan roda pemerintahan pun berjalan dengan sistem yang serba sentralisasi. Setelah merdeka perekonomian Timor-Leste memang tidak menentu. Anggaran pemerintah terforsir untuk membayar gaji pegawai saja, terutama pegawai asing yang datang atas suruhan PBB. Celakanya hampir seluruh pendanaan dari APBN Timor-Leste berasal dari hibah negara donor, ditambah dengan pendapatan pajak dan bea yang tidak lebih dari 15 persen. Untuk itu pemerintah dalam rangka meningkatkan output riil Timor-Leste sangat mengharapkan investasi agar dapat menyerap tenaga kerja lokal dan ekspor yang lebih tinggi dari impor untuk dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat serta menekan tingkat inflasi yang semakin tinggi. Oleh karena itu pemerintah mengeluarkan berbagai paket kebijaksanaan, deregulasi dan debirokratisasi dilakukan pelaksanaan mekanisme perijinan, penyederhanaan tata cara impor barang modal, pelunakan syarat-syarat investasi serta perangsangan investasi untuk sektor-sektor dan di daerah-daerah tertentu serta dibantu lagi oleh keputusan PBB yang memberikan kebebasan pajak kepada Timor-Leste untuk mengekspor berbagai komuditi dengan sasaran negara-negara kawasan Amerika, Asia Pasifik dan Uni Eropa.
Dalam mencapai sasaran pembangunan jangka panjang, maka pemerintah menetapkan bahwa kebijaksanaan pembangunan perdagangan diarahkan untuk peningkatan produksi dan ekspor, perluasan kerja, peningkatan pendapatan rakyat, serta pemantapan stabilitas ekonomi. Kebijakan pengembangan ekspor migas juga disertai dengan kebijaksanaan ekspor non-migas yang merupakan pilihan strategis dilakukan oleh pemerintah Timor-Leste, karena dapat memanfaatkan pasar internasional melalui partner ekspor dapat mendatangkan devisa yang juga mendorong potensi sumber daya domestik dan memperluas kesempatan kerja. Meskipun sampai sekarang ekspor migas masih menjadi alternatif utama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Timor-Leste, namun ekspor non-migas untuk jenis komuditi  kopi cukup potensial dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Timor-Leste dan di tambah lagi dengan transaksi re-ekspor pun dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai ekspor, supaya bisa menguranggi tingkat inflasi. Oleh sebab itu sektor non-migas dituntut untuk lebih siap supaya dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya dari globalisasi melalui partner ekspor pemerintah.

Dalam rangka menghadapi era global, maka keunggulan kompetitif suatu negara terhadap negara lainnya adalah menjadi faktor penentu agar mampu bertahan, berperan, dan bersaing, sebab globalisasi adalah kenyataan yang tidak bisa dihindari.

Teori perdagangan internasional Klasik mengusulkan bahwa keunggulan komparatif sebagai faktor pendukung bagi sebuah negara. Faktor-faktor yang memberi sumbangan kepada negara meliputi tanah, sumber daya alam, tenaga kerja, dan ukuran penduduk setempat. Michael E. Porter berpendapat bahwa suatu bangsa dapat menciptkan faktor yang lebih maju seperti tenaga kerja terampil, kemajuan teknologi yang berbasis pengetahuan, dukungan pemerintah, dan budaya. Oleh karena itu Porter menggunakan kerangka dasar  untuk mengilustrasikan faktor-faktor penentu keunggulan nasional, maka negara mendirikan industri yang akan dapat mempengaruhi keempat faktor keunggulan komparatif nasional antara lain:

1.      Faktor Kondisi
Timor-Leste secara administratif memiliki luas wilayah 15.410 km2 dengan daerah penghasil kopi sekitar 55.000 hektar area kebun kopi yang sedang menjadi komuditi unggulan yang diekspor dengan nilai USAD 6,327,816 dari total nilai ekspor USAD 38,997,084 (2006). Serta komuditi kopi merupakan kontribusi terbesar nomor dua di negara dalam hal national income. Dalam pembangunan ekonomi Timor-Leste sekarang lebih didominasi oleh faktor basis (basic factors) dimana Timor-Leste hanya dengan sedikit investasi saja sudah dapat mengubah faktor tersebut. Timor-Leste  merupakan negara agraris yang sebagian besar masyarakat (76%) hidup di pedesaan   
a.       A country creates its own important factors such as skilled resources and technological base. Sebuah negara sendiri menciptakan faktor penting seperti sumber daya yang terampil dan teknologi dasar.
2.    The stock of factors at a given time is less important than the extent that they are upgraded and deployed. Saham faktor pada saat tertentu kurang penting dibandingkan apabila mereka ditingkatkan dan disebarkan.

3.    Local disadvantages in factors of production force innovation. Lokal kelemahan dalam faktor kekuatan inovasi produksi. Adverse conditions such as labor shortages or scarce raw materials force firms to develop new methods, and this innovation often leads to a national comparative advantage. kondisi yang merugikan seperti kekurangan tenaga kerja atau bahan baku langka memaksa perusahaan untuk mengembangkan metode baru, dan inovasi ini sering mengarah pada keunggulan komparatif nasional.
 II.  Demand Conditions II. Kondisi Permintaan
a.    When the market for a particular product is larger locally than in foreign markets, the local firms devote more attention to that product than do foreign firms, leading to a competitive advantage when the local firms begin exporting the product. Ketika pasar untuk produk tertentu lebih besar secara lokal daripada di pasar luar negeri, perusahaan-perusahaan lokal mencurahkan perhatian lebih pada bahwa produk daripada perusahaan asing, yang mengarah ke keunggulan kompetitif ketika perusahaan lokal mulai mengekspor produk.
b.    A more demanding local market leads to national advantage. Sebuah pasar lokal yang lebih menuntut menghasilkan keunggulan nasional.
c.    A strong, trend-setting local market helps local firms anticipate global trends. Sebuah pasar lokal yang kuat, trend-setting membantu perusahaan-perusahaan lokal mengantisipasi kecenderungan global.

III.  Related and Supporting Industries III dan. Terkait Pendukung Industri

1.    When local supporting industries are competitive, firms enjoy more cost effective and innovative inputs. Ketika lokal, untuk mendukung industri yang kompetitif, perusahaan menikmati biaya yang lebih efektif dan inovatif input.

2.    This effect is strengthened when the suppliers themselves are strong global competitors. Efek ini diperkuat ketika pemasok sendiri pesaing global yang kuat.

IV.  Firm Strategy, Structure, and Rivalry IV, Firma. Strategi Struktur dan Persaingan

1.    Local conditions affect firm strategy. For example, German companies tend to be hierarchical. Italian companies tend to be smaller and are run more like extended families. Such strategy and structure helps to determine in which types of industries a nation's firms will excel. kondisi lokal mempengaruhi strategi perusahaan.. Sebagai contoh Jerman, perusahaan cenderung hierarkis Italia perusahaan cenderung lebih kecil dan berjalan lebih seperti keluarga besar. seperti strategi dan struktur membantu untuk menentukan di mana jenis-jenis industri perusahaan negara akan unggul.
2.    In Porter's Five Forces model, low rivalry made an industry attractive. While at a single point in time a firm prefers less rivalry, over the long run more local rivalry is better since it puts pressure on firms to innovate and improve. In fact, high local rivalry results in less global rivalry. Dalam Lima Porter Angkatan model, persaingan yang rendah membuat industri yang menarik waktu. Sementara di satu titik di suatu perusahaan lebih menyukai persaingan kurang, dalam jangka panjang lokal persaingan lebih banyak lebih baik karena memberikan tekanan pada perusahaan untuk berinovasi dan meningkatkan. Bahkan, tinggi lokal hasil persaingan dalam persaingan lebih global.
3.    Local rivalry forces firms to move beyond basic advantages that the home country may enjoy, such as low factor costs. kekuatan persaingan Lokal perusahaan untuk bergerak melampaui keuntungan dasar bahwa negara asal dapat menikmati, seperti faktor biaya rendah.

Setelah melewati masa sulit tahun 2002, beruntung Timor-Leste di tahun 2002-2008 mendapatkan berkah atas hasil migas negeri ini. Sektor migas menjadi tumpuan utama sumber pembiayaan pembangunan bagi Negara Timor-Leste dalam kurun waktu 2002-2009, dimana harga minyak tinggi, sehingga kontribusi terhadap pendapatan nasional sektor migas jelas besar Arief, (2006). Namun, dengan hanya mengandalkan sektor migas saja adalah suatu yang hal yang sangat riskan, karena disamping harga migas yang fluktuatif, sumber daya migas merupakan kekayaan alam karunia Tuhan yang tidak dapat diperbaharui. Sehingga untuk tetap menjaga proses kesinambungan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi perlu dipertimbangkan dan diperhatikan faktor-faktor lain di luar sektor migas. Berbagai pendapat ekonom pun demikian, bahwa pembangunan tidak semestinya hanya semata-mata mengandalkan sumber daya alam terutama migas.

Dalam mengelola semua sumber daya alam yang tersedia tentunya Timor-Leste sangat membutuhkan kehadiran investor yang bisa menanamkan modal supaya dapat mengolah kekayaan itu. Oleh karena itu Timor-Leste senantiasa berusaha menciptakan iklim yang dapat menggairahkan investasi. Sasaran yang dituju bukan hanya masyarakat atau kalangan swasta dalam negeri tetapi juga investor asing.

Berdasarkan pengamatan bahwa Timor-Leste hingga sekarang investor asing masih kurang berminat untuk menanamkan modal, hal itu disebabkan oleh berbagai kendala, yang pada akhirnya menghambat usaha para investor atau menyebabkan pemindahan usaha ke negara lain. Masalah-masalah yang dihadapi, antara lain, adalah: (1) rendahnya kepastian hukum; (2) prosedur perijinan dan tata cara pelayanan yang birokratis, lama, dan mahal; (3) rendahnya insentif investasi yang diberikan; (4) belum meratanya infrastruktur dan rusaknya sejumlah infrastruktur di daerah telah menghambat kelancaran ekspedisi dan distribusi orang, barang dan permodalan bagi kegiatan investasi; (5) iklim ketenagakerjaan yang kurang kondusif untuk mendukung kegiatan investasi yang meliputi kualitas sampai dengan upah buruh dan (6) buruknya tata kelola governance, serta kentalnya masalah ekonomi politik dari kepentingan di sana. Dalam sektor riil, misalnya banyak sekali perbaikan dalam prosedur birokrasi atau good governance yang dapat mendorong perekonomian.
Selain itu pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan menguranggi pengangguran serta kemiskinan melalui pengembangan sektor riil dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Program-program yang dilakukan antara lain, mencakup: (i) perbaikan iklim investasi; (ii) reformasi sektor keuangan; (iii) percepatan pembangunan infrastruktur; dan (iv) pemberdayaan UMKM. Untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam menghasilkan produk ekspor non-migas, dibutuhkan penerapan IPTEK dan peningkatan keterampilan kewirausahaan. Perekonomian Timor-Leste menunjukkan kinerja yang membaik dan lebih stabil selama 2006 sebagaimana yang tercermin pada pertumbuhan ekonomi yang meningkat. Walaupun demikian, pertumbuhan ekonomi yang terjadi masih belum memadai untuk menyerap tambahan angkatan kerja sehingga jumlah pengangguran masih mengalami kenaikan.

Pertumbuhan Ekonomi yang terdiri dari struktur ekonomi dalam suatu negara sangat berpengaruh terhadap besar atau kecilnya struktur ekonomi yang di ekspor oleh negara tersebut, peranan ekspor di dalam kegiatan ekonomi sangat panting, besarnya ekspor sangat ditentukan oleh proporsi dari nilai Gross Domestik Produk (GDP) nasional. Sebab perdagangan menciptakan keuntungan dengan memberikan peluang kepada setiap negara untuk mengekspor barang-barang yang produksinya menggunakan sebagian besar sumberdaya yang berlimpah terdapat di negara yang bersangkutan serta mengimpor barang-barang yang produksinya menggunakan sumberdaya yang langka di negara tersebut. Perdagangan intemasional juga memungkinkan setiap negara melakukan spesialisasi produksi terbatas pada barang-barang tertentu sehingga memungkinkan mereka mencapai efisiensi yang lebih tinggi dengan skala produksi yang besar. Oleh sebab itu Timor-Leste harus mencari jalan lain untuk dapat menutup pembiayaan pembangunan bukan hanya menghandalkan ekspor migas, tetapi harus memperhatikan juga pada kekayaan alam serta hasil bumi lainnya, baik yang masih berupa bahan mentah (Primary Product) maupun bahan olahan yang sudah jadi.
                  Dari uraian di atas, maka perlu suatu kajian yang lebih mendalam tentang pengaruh terjadinya ekspor dan impor terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi di Negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL) pada periode 2002-2008.
                  Dari uraian di atas, maka perlu suatu kajian yang lebih mendalam tentang pengaruh terjadinya ekspor dan impor terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi di Negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL) pada periode 2002-2008.
1.2 Masalah Penelitian
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka penulis  sangat tertarik untuk meneliti pengaruh Ekspor-Impor komuditi migas atau non-migas yang dapat berpengaruh Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL) pada periode 2002-2008.
1.3 Persoalan Penelitian

Berdasarkan uraian di atas, maka penulis dapat merumuskan persoalan-persoalan penelitian sebagai berikut :

1. Apakah perkembangan ekspor komuditi migas atau non-migas berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi di Negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL) pada periode 2002-2008?

2. Apakah perkembangan impor komuditi migas atau non-migas berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi di Negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL) pada periode 2002-2008?

1.4 Tujuan Penelitian

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan ekspor migas atau non-migas yang dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi di Negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL) pada periode 2002-2008, impor migas atau non-migas yang dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi di Negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL) pada periode 2002-2008..

1.5 Manfaat Penelitian

      Adapun manfaat akademis yang dimaksud yaitu menambah literatur yang sudah ada sebelumnya, sedangkan manfaat praktis Sebagai sumber informasi dan masukan kepada pemerintah Negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL) untuk:

  1. Dapat meningkatkan lagi anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dalam memecahkan masalah kemiskinan dan pengangguran;
  2. Mengambil suatu kebijakan dalam meningkatkan nilai ekspor yang bukan hanya terfokus pada hasil minyak dan gas, karena minyak dan gas itu kalau digarap secara terus-menerus maka tidak akan bertahan lama;
  3. Pemerintah juga harus menciptakan peluang pasar komuditi non-migas yang dianggap lebih berpontensi dalam menghasilkan devisa negara dan upaya peningkatan produktifitas pertanian demi kesejahteraan petani serta mencermati sumber-sumbernya dengan tanpa mengabaikan kebijakan lain;
  4. Menciptakan pasar domestik yang seimbang;
  5. Sebaiknya barang-barang impor terfokus pada barang modal, supaya pemerintah dapat menggunakan untuk produksi kebutuhan dalam negeri, serta diekspor;
  6. Membuat kebijakan ekspor yang dapat berpengaruh lebih besar bagi perekonomian;


BAB II

Rerangka Teori



2.1 Definisi Perdagangan Internasional

                     Arifin dan Rae, (2002). Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun, dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional.

Menurut Amir. (2003). Bila dibandingkan dengan pelaksanaan perdagangan di dalam negeri, perdagangan internasional sangatlah rumit dan kompleks. Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena adanya batas-batas politik dan kenegaraan yang dapat menghambat perdagangan, misalnya dengan adanya bea, tarif, atau quota barang impor. Selain itu, kesulitan lainnya timbul karena adanya perbedaan budaya, bahasa, mata uang, taksiran dan timbangan, dan hukum dalam perdagangan.

Masngudi (2006) menjelaskan bahwa pengertian perdagangan dalam ilmu ekonomi adalah suatu proses tukar menukar yang didasarkan atas kehendak sukarela dari masing-masing pihak. Aspek sukarela ini penting karena memiliki implikasi fundamental, hal ini dilakukan apabila setiap pihak memperoleh manfaat dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Motif pertukaran adalah adanya manfaat dari perdagangan atau “Gains from trade”.

2.1.1 Motif Perdagangan Internasional

Todaro (2006). (Penduduk sutau Negara melakukan perdagangan dengan penduduk Negara lain didorong adanya motif berdagang. Motif tersebut, yaitu adanya manfaat atau keuntungan tambahan yang diperoleh dari perdagangan, yang dikenal dengan istilah “gains from trade”.

2.1.2 Timbulnya Perdagangan Internasional

Sobri, (1997). Perdagangan internasional dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi guna mencapai kemakmuran. Usaha dalam  mencapai kemakmuran tidak terlepas dari pemenuhan kebutuhan (barang atau jasa). Berdasarkan uraina tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa timbul perdagangan internasional terutama disebabkan oleh adanya peerbedaan sumber-sumber produksi, sistem distribusi, dan pola konsumsi suatu negara.

 Krugman (1980). Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan lintas negara. Negara memproduksi sebagian kebutuhannya sendiri dan mengekspor kelebihannya, kemudian mengimpor apa yang tidak diproduksinya. Kita mungkin bertanya-tanya, kenapa negara melakukan perdagangan internasional, bukannya menikmati semua hasil produksinya sendiri? Jika negara yang memiliki sumber daya yang sangat lengkap, bukankah akan lebih baik negara memproduksi semuanya untuk digunakan sendiri, sehingga negara tidak perlu mengekspor dan mengimpor?

Alasan negara melakukan perdagangan internasional didasari oleh teori Keuntungan Komparatif (comparative advantage), yang akan dijelaskan leih lanjut di bagian bawah. Namun secara sederhana, adanya perdagangan akan menciptakan spesialisasi, yaitu setiap negara dapat menspesialisasikan pada barang dan jasa tertentu. Spesialisasi akan meningkatkan produktivitas, yang dalam jangka panjang akan meningkatkan standar hidup semua negara yang terlibat didalamnya. Perdagangan internasional merupakan jalan untuk menuju kemakmuran negara-negara.

Krugman dan Obstfeld (2004) menjelaskan bahwa setiap negara melakukan perdagangan internasional karena dua alasan utama, yang masing-masing menjadi sumber bagi adanya keuntungan perdagangan (gains from trade) bagi mereka. Alasan pertama negara-negara berdagang adalah karena mereka berbeda satu sama lain. Bangsa-bangsa di dunia, sebagaimana halnya individu-individu, selalu berpeluang memperoleh keuntungan dari perbedaan-perbedaan di antara mereka melalui suatu pengaturan sedemikian rupa sehingga setiap pihak dapat melakukan sesuatu secara relatif lebih baik. Kedua, negara-negara berdagang satu-sama lain dengan tujuan untuk mencapai apa yang lazim disebut sebagai skala ekonomis (economics of scale) dalam produksi. Maksudnya, seandainya setiap negara bisa membatasi kegiatan produksinya untuk menghasilkan sejumlah barang tertentu saja, maka mereka berpeluang memusatkan perhatian dan segala macam sumber dayanya sehingga ia dapat menghasilkan barang-barang tersebut dalam skala yang lebih besar dan karenanya lebih efisien dibandingkan dengan jika negara tersebut mencoba untuk memproduksi berbagai jenis barang secara sekaligus. Dalam dunia nyata, pola-pola perdagangan internasional mencerminkan adanya interaksi yang terus-menerus dari kedua motif dasar di atas.

2.1.3 Fungsi Perdagangan Internasional

d.    Mempercepat pertumbuhan ekonomi suatu negara (fungsi utama)

e.     Memenuhi kebutuhan barang dan jasa yang tidak dapat atau belum mampu diproduksi di dalam suatu negara,

f.      Menyebarluaskan barang dan jasa dari suaatu negara ke negara lain,

g.     Meningkatkan pendapatan negara,

h.     Memperluas penggunaan teknologi antarnegara.

2.1.4 Manfaat Perdagangan Internasional


Menurut Sukirno. (2006). Manfaat perdagangan internasional adalah sebagai berikut.

a.    Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri.
Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan hasil produksi di setiap negara. Faktor-faktor tersebut diantaranya : Kondisi geografi, iklim, tingkat penguasaan iptek dan lain-lain. Dengan adanya perdagangan internasional, setiap negara mampu memenuhi kebutuhan yang tidak diproduksi sendiri.

b.    Memperoleh keuntungan dari spesialisasi.
Sebab utama kegiatan perdagangan luar negeri adalah untuk memperoleh keuntungan yang diwujudkan oleh spesialisasi. Walaupun suatu negara dapat memproduksi suatu barang yang sama jenisnya dengan yang diproduksi oleh negara lain, tapi ada kalanya lebih baik apabila negara tersebut mengimpor barang tersebut dari luar negeri.

c.    Memperluas pasar dan menambah keuntungan.
Terkadang, para
pengusaha tidak menjalankan mesin-mesinnya (alat produksinya) dengan maksimal karena mereka khawatir akan terjadi kelebihan produksi, yang mengakibatkan turunnya harga produk mereka. Dengan adanya perdagangan internasional, pengusaha dapat menjalankan mesin-mesinnya secara maksimal, dan menjual kelebihan produk tersebut keluar negeri.

d.   Transfer teknologi modern.
Perdagangan luar negeri memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efesien dan cara-cara
manajemen yang lebih modern.

2.1.5 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional


Banyak faktor yang mendorong suatu negara melakukan perdagangan internasional, di antaranya sebagai berikut :

a.       Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri

b.      Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara

c.       Adanya perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah sumber daya ekonomi

d.       Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut

e.        Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim, tenaga kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi.

f.       Adanya kesamaan selera terhadap suatu barang

g.       Keinginan membuka kerja sama, hubungan politik dan dukungan dari negara lain

h.       Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia dapat hidup sendiri.

2.1.6 Indikator Perdagangan Internasional

Trade Balance. Secara singkat, Trade Balance merupakan selisih antara jumlah ekspor dan impor. Biasanya Trade Balance tidak menyertakan barang tak kelihatan atau jasa (invisbles), dan hanya neraca dari barang-barang perdagangan (Merchandise Trade).

Trade Balance = Export Goods - Import Goods

Apabila nilai ekspor lebih daripada nilai impor, maka Trade Balance dikatakan surplus dan begitu pula apabila terjadi sebaliknya maka akan menghasilkan Trade Balance yang defisit. Peningkatan Trade Surplus atau penurunan Trade Deficit lebih memberikan gambaran yang baik bagi perekonomian suatu negara, tetapi peningkatan Trade Deficit atau menurunnya Trade Surplus menyatakan suatu kondisi yang kurang disukai

2.2 Definisi Pertumbuhan Ekonomi

Sukirno, (2006). Pertumbuhan ekonomi adalah proses dimana terjadi kenaikan produk nasional bruto riil atau pendapatan nasional riil. Jadi perekonomian dikatakan tumbuh atau berkembang bila terjadi pertumbuhan output riil. Definisi pertumbuhan ekonomi yang lain adalah bahwa pertumbuhan ekonomi terjadi bila ada kenaikan output perkapita. Pertumbuhan ekonomi menggambarkan kenaikan taraf hidup diukur dengan output riil per orang.

Budiono, (1993). Pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai suatu proses pertumbuhan output perkapita dalam dalam jangka panjang. Hal ini berarti, bahwa dalam jangka panjang, tercermin pada peningkatan output perkapita yang sekaligus memberikan alternatif dalam mengkonsumsi barang dan jasa, serta diikuti oleh daya beli masyarakat yang meningkat. Pertumbuhan ekonomi juga bersangkut paut dengan proses peningkatan produksi barang dan jasa dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Dapat dikatakan pula bahwa, pertumbuhan menyangkut perkembangan yang berdimensi tunggal dan diukur dengan meningkatnya hasil produksi dan pendapatan. Dalam ini berarti terdapatnya kenaikkan dalam pendapatan nasional yang ditunjukkan oleh besarnya nilai produk domestik bruto (PDB). 

Todaro. (2003). Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional.

Perekonomian dikatakan mengalami pertumbuhan apabila jumlah balas jasa riil terhadap penggunaan faktor-faktor produksi pada tahun tertentu lebih besar daripada tahun sebelumnya.

2.2.1 Indikator yang digunakan untuk menghitung tingkat Pertumbuhan Ekonomi:

1. Tingkat Pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto)

2. Tingkat Pertumbuhan PNB (Produk Nasional Bruto).

Dalam praktek angka, PNB kurang lazim dipakai, yang lebih populer dipakai adalah PDB, karena angka PDB hanya melihat batas negara, terbatas pada negara yang bersangkutan. 

Untuk dapat mengetahui tingkat pertumbuhan ekonomi, maka harus dipahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP). PDB atau GDP adalah total produksi barang dan jasa yang dihasilkan di dalam suatu negara pada periode tertentu, misalnya satu tahun

PDB jika dibagi dengan jumlah penduduk maka menjadi PDB per kapita. Ukuran ini lebih spesifik karena memperhitungkan jumlah penduduk serta mencerminkan kesejahteraan penduduk di suatu negara. Ada banyak pendapat mengenai penyebab naik turunnya total produksi barang dan jasa, namun banyak ahli ekonomi yang setuju akan dua penyebab berikut ini :

(1). Sumber pertumbuhan.

Ahli-ahli ekonomi sering merujuk pada tiga sumber pertumbuhan, yaitu : (a) peningkatan tenaga kerja, (b) peningkatan modal, dan (c) peningkatan efisiensi dimana kedua faktor ini digunakan. Jumlah tenaga kerja dapat meningkat jika pekerja yang telah tersedia bekerja lebih lama, atau jika ada tambahan tenaga kerja baru. Sedangkan persediaan modal dapat meningkat jika perusahaan mendorong kapasitas produktifnya dengan menambah pabrik dan peralatan (investasi). Efisiensi bertambah ketika output yang lebih dapat diperoleh dari jumlah tenaga kerja dan atau modal yang sama. Ini sering disebut sebagai Total Factor Productivity (TFP). Pendorongan ketiga sumber ini disebut juga supply-side economy, atau ekonomi dari sisi penawaran.

(2). Terjadinya penurunan (downturns) pada ekonomi (resesi dan depresi).

Mengapa output dapat turun atau naik lebih lambat. Secara logika, apapun yang menyebabkan penurunan pada tenaga kerja, modal, atau TFP akan menyebabkan penurunan pada output atau setidaknya pada tingkat pertumbuhan output. Misalnya, peristiwa seperti bencana alam, penyebaran penyakit berbahaya dan kerusuhan.

Lalu bagaimana PDB diukur? Caranya, total nilai berbagai macam barang dan jasa diagregasikan. Namun karena berton-ton baja tidak mungkin dijumlahkan begitu saja dengan, misalnya, produksi roti, maka proses agregasi dilakukan berdasarkan nilai uang produksi barang-barang tersebut. PDB diukur setiap empat bulanan dan tahunan oleh Biro Pusat Statistik (BPS).

Nilai total pendapatan nasional dalam satuan harga sekarang disebut dengan PDB nominal (PDB atas dasar harga berlaku). Nilainya tentu berubah dari waktu ke waktu, seiring dengan perubahan kuantitas produksi barang atau jasa atau dalam harga dasarnya.

Jika nilai nominal ini dihitung dalam harga yang tetap atau dipatok, didapatlah nilai PDB riil (PDB atas dasar harga konstan). Untuk menghitung nilai riil tersebut dipilihlah satu tahun dasar misalnya tahun 2002. Kemudian, nilai semua barang dan jasa dihitung berdasarkan harga masing-masing yang berlaku pada tahun tersebut. Karena harga barang sudah tetap, PDB riil dianggap hanya berubah sesuai dengan adanya perubahan kuantitas barang atau jasa.

Perubahan PDB ini mencerminkan perubahan kuantitas output produksi secara riil. Inilah yang sehari-hari disebut dengan pertumbuhan ekonomi. Jadi yang disebut sebagai “pertumbuhan ekonomi” tidak lain mengacu pada peningkatan nilai total barang dan jasa yang diproduksi dalam sebuah perekonomian.

Rumus menghitung pertumbuhan ekonomi adalah sebagai berikut :

         GDPs - GDPk

g =                                x 100%

GDPk

g          :  Tingkat pertumbuhan ekonomi

PDBs   :  PDB riil tahun sekarang

PDBk  :  PDB riil tahun kemarin

2.2.2 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

a.  Faktor Sumber Daya Manusia;

Sama halnya dengan proses pembangunan, pertumbuhan ekonomi juga dipengaruhi oleh SDM. Sumber daya manusia merupakan faktor terpenting dalam proses pembangunan, cepat lambatnya proses pembangunan tergantung kepada sejauhmana sumber daya manusianya selaku subjek pembangunan memiliki kompetensi yang memadai untuk melaksanakan proses pembangunan.

b. Faktor Sumber Daya Alam;

Sebagian besar negara berkembang bertumpu kepada sumber daya alam dalam melaksanakan proses pembangunannya. Namun demikian, sumber daya alam saja tidak menjamin keberhasilan proses pembanguan ekonomi, apabila tidak didukung oleh kemampaun sumber daya manusianya dalam mengelola sumber daya alam yang tersedia. Sumber daya alam yang dimaksud dinataranya kesuburan tanah, kekayaan mineral, tambang, kekayaan hasil hutan dan kekayaan laut.

c.  Faktor Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat mendorong adanya percepatan proses pembangunan, pergantian pola kerja yang semula menggunakan tangan manusia digantikan oleh mesin-mesin canggih berdampak kepada aspek efisiensi, kualitas dan kuantitas serangkaian aktivitas pembangunan ekonomi yang dilakukan dan pada akhirnya berakibat pada percepatan laju pertumbuhan perekonomian.

d.             Faktor Budaya;

Faktor budaya memberikan dampak tersendiri terhadap pembangunan ekonomi yang dilakukan, faktor ini dapat berfungsi sebagai pembangkit atau pendorong proses pembangunan tetapi dapat juga menjadi penghambat pembangunan. Budaya yang dapat mendorong pembangunan diantaranya sikap kerja keras dan kerja cerdas, jujur, ulet dan sebagainya. Adapun budaya yang dapat menghambat proses pembangunan diantaranya sikap anarkis, egois, boros, KKN, dan sebagainya.

e.  Sumber Daya Modal.

Sumber daya modal dibutuhkan manusia untuk mengolah SDA dan meningkatkan kualitas IPTEK. Sumber daya modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas.

2.2.3 Program Pengembangan Ekspor Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Kadarusman, (2004). Dalam penelitian menunjukkan bahwa, tujuan dari program ini adalah mendukung upaya peningkatan daya saing global produk serta meningkatkan peranan ekspor dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Sasaran program ini adalah meningkatnya perluasan pasar, diversifikasi mata dagangan ekspor non-migas dan mendorong peningkatan nilai ekspor.

2.2.4 Peranan penting pemerintah dalam pertumbuhan ekonomi.

       Menurut Tambunan, (2001) Menjelaskan bahwa peran pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi terdiri dari:

1. Beberapa negara sedang berkembang mengalami ketidak stabilan sosial, politik, dan ekonomi. Ini merupakan sumber yang menghalangi pertumbuhan ekonomi. Adanya pemerintah yang kuat dan berwibawa menjamin terciptanya keamanan dan ketertiban hukum serta persatuan dan perdamaian di dalam negeri. Ini sangat diperlukan bagi terciptanya iklim bekerja dan berusaha yang merupakan motor pertumbuhan ekonomi.

2. Ketidakmampuan atau kelemahan sektor swasta melaksanakan fungsi entrepreneurial yang bersedia dan mampu mengadakan akumulasi kapital dan mengambil inisiatif mengadakan investasi yang diperlukan untuk memonitori proses pertumbuhan.

3. Pertumbuhan ekonomi merupakan hasil akumulasi kapital dan investasi yang dilakukan terutama oleh sektor swasta yang dapat menaikkan produktivitas perekonomian. Hal ini tidak dapat dicapai atau terwujud bila tidak didukung oleh adanya barang-barang dan pelayanan jasa sosial seperti sanitasi dan program pelayanan kesehatan dasr masyarakat, pendidikan, irigasi, penyediaan jalan dan jembatan serta fasilitas komunikasi, program-program latihan dan keterampilan, dan program lainnya yang memberikan manfaat kepada masyarakat.

4. Rendahnya tabungan-investasi masyarakat (sekor swasta) merupakan pusat atau faktor penyebab timbulnya dilema kemiskinan yang menghambat pertumbuhan ekonomi. Seperti telah diketahui hal ini karena rendahnya tingkat pendapatan dan karena adanya efek demonstrasi meniru tingkat konsumsi di negara-negara maju olah kelompok kaya yang sesungguhnya bisa menabung.

5. Hambatan sosial utama dalam menaikkan taraf hidup masyarakat adalah jumlah penduduk yang sangat besar dan laju pertumbuhannya yang sangat cepat. Program pemerintahlah yang mampu secara intensif menurunkan laju pertambahan penduduk yang cepat lewat program keluarga berencana dan melaksanakan program-program pembangunan pertanian atau daerah pedesaan yang bisa mengerem atau memperlambat arus urbanisasi penduduk pedesaan menuju ke kota-kota besar dan mengakibatkan masalah-masalah sosial, politis, dan ekonomi.

6. Pemerintah dapat menciptakan semangat atau spirit untuk mendorong pencapaian pertumbuhan ekonomi yang cepat dan tidak hanya memerlukan pengembangan faktor penawaran saja, yang menaikkan kapasitas produksi masyarakat, yaitu sumber-sumber alam dan manusia, kapital, dan teknologi; tetapi juga faktor permintaan luar negeri. Tanpa kenaikkan potensi produksi tidak dapat direalisasikan.

2.2.5 Strategi pertumbuhan ekonomi.

1. Industrialisasi Versus Pembangunan Pertanian

Pembangunan pertanian bersifat menggunakan teknologi padat tenaga kerja dan secara relatif menggunakan sedikit kapital; meskipun dalam investasi pada pembuatan jalan, saluran dan fasilitas pengairan, dan pengembangan teknologinya. Kenaikan produktivitas sektor pertanian memungkinkan perekonomian dengan menggunakan tenaga kerja lebih sedikit menghasilkan kuantitas output bahan makanan yang sama. Dengan demikian sebagian dari tenaga kerja dapat dipindahkan ke sektor industri tanpa menurunkan output sektor pertanian. Di samping itu pembangunan atau kenaikkan produktivitas dan output total sektor pertanian akan menaikkan pendapatan di sektor tersebut.

2. Strategi Impor Versus Ekspor

Stategi industrialisasi via substitusi impor pada dasarnya dilakukan dengan membangun industri yang menghasilkan barang-barang yang semula diimpor. Alternatif kebijakan lain adalah strategi industrialisasi via ekspor. Kebijakan ini menekankan pada industrialisasi pada sektor-sektor atau kegiatan produksi da dalam negeri yang mempunyai keunggulan komparatif hingga dapat memproduksinya dengan biaya rendah dan bersaing dengan menjualnya di pasar internasional. Strategi ini secara relatif lebih sukar dilaksanakan karena menuntut kerja keras agar bisa bersaing di pasar internasional.

3. Perlunya Disertivikasi

Usaha mengadakan disertivikasi bagi negara-negara pengekspor utama minyak dan gas bumi merupakan upaya mempertahankan atau menstabilkan penerimaan devisanya.

2.3  Pengembangan Hipotesis

Pengembangan hipotesis berdasarkan pengaruh antara variabel (X) terhadap variabel (Y). Adapun rumusan hipotesis sebagai berikut:

2.3.1 Pengaruh Ekspor terhadap tingkat Pertumbuhan Ekonomi

Penelitian Satria (2007). Ekspor merupakan salah satu sumber devisa yang sangat dibutuhkan oleh negara yang perekonomiannya bersifat terbuka. Karena ekspor secara luas ke berbagai negara memungkinkan peningkatan jumlah produksi yang mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga diharapkan dapat memberikan andil yang besar terhadap pertumbuhan dan stabilitas perekonomiannya.

Hasil penelitian Denny, (2005). Membuktikan impor merupakan transaksi ekonomi yang dilakukan dalam membeli barang-barang dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, dan barang tersebut tidak dapat di produksi di dalam negeri.

Salah satu hal yang dapat dijadikan motor penggerak bagi pertumbuhan ekonomi adalah perdagangan internasional. Salvatore menyatakan bahwa perdagangan dapat menjadi mesin bagi pertumbuhan (Krisharianto, 2007). Jika aktifitas perdagangan internasional seperti ekspor dan impor, maka salah satu dari komponen tersebut atau kedua-duanya dapat menjadi motor penggerak bagi pertumbuhan. Kenyataan tersebut dapat dilihat dari kebaikan-kebaikan perdagangan internasional dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi, yaitu mampu meningkatkan produksi dunia, meningkatkan kemakmuran masyarakat suatu Negara, meluaskan pasar produk dalam negeri, memperoleh banyak modal dan teknologi yang lebih baik dan ketersediaan dana yang memadai bagi pembangunan ekonomi karena adanya investasi dari pihak luar atau asing. Dana luar negeri yang diinvestasikan dipasaran uang dan saham dinamakan investasi portofolio (Sukirno, 2004).

Ekspor dan impor merupakan kegiatan yang amat penting dari pemerintah sebagai fasilitator, dapat memperlancar para eksportir dan importir yang akan  melakukan transaksi perdagangan internasional baik dalam bentuk ekspor maupun impor maka pemerintah sebagai regulator harus terus memperhatikan dan dapat memusatkan perhatiannya pada suatu persoalan fundamental, yaitu persoalan tingkat pertumbuhan ekonomi, agar bisa menggurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan. Para eksportir dan importir pasti menghendaki keuntungan yang tinggi, sedangkan pemerintah tidak hanya memikirkan profit yang tinggi, tetapi juga bagaimana menjaga menjaga posisi tingkat pertumbuhan dan menggurangi kemiskinan serta pengangguran juga merupakan prioritas pemerintah.

Penelitian Wibowo, (2005), mengungkapkan negara-negara sedang berkembang kegiatan ekspor mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Oleh karena itu peranan ekspor di negara-negara berkembang dapat dikatakan sebagai motor penggerak negara tersebut. Demikian juga negara-negara yang tergabung dalam ASEAN yang umumnya adalah negara-negara berkembang.
Hasil penelitian Udana (2009) membuktikan bahwa ekspor barang dan jasa merepresentasikan salah satu sumber yang penting dalam neraca pembayaran suatu negara dan penciptaan lapangan kerja, peranan ekspor dalam perekonomian juga sangat besar. Dari waktu ke waktu nilai ekspor mengalami peningkatan, baik itu ekspor minyak dan gas (migas) maupun non-migas. Tulisan ini bermaksud untuk menganalisis teori “ekspor mendorong pertumbuhan ekonomi” (export-led growth-ELG). Dan untuk menganalisis pengaruh ekspor terhadap pertumbuhan ekonomi di sebuah negara. Temuan dalam tulisan ini adalah bahwa Variabel ekspor akan berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.
Nopirin (1998). Menjelaskan bahwa, peranan ekspor di dalam kegiatan ekonomi sangat panting, besarnya ekspor sangat ditentukan oleh proporsi dari nilai Gross Domestik Produk (GDP) nasional. Sebab perdagangan menciptakan keuntungan dengan memberikan peluang kepada setiap negara untuk mengekspor barang-barang yang produksinya menggunakan sebagian besar sumberdaya yang berlimpah terdapat di negara yang bersangkutan serta mengimpor barang-barang yang produksinya menggunakan sumberdaya yang langka di negara tersebut, untuk itu dalam meningkatkan pertumbuhan Ekonomi yang terdiri dari struktur ekonomi dalam suatu negara sangat berpengaruh terhadap besar atau kecilnya struktur ekonomi yang di ekspor oleh negara yang bersangkutan
Didik. (2006). Penelitian membuktikan bahwa globalisasi mengubah struktur perekonomian dunia secara fundamental. Interdependensi (saling ketergantungan) perekonomian negara semakin erat, keeratan interdependensi ini bukan saja berlangsung antara negara maju, tapi juga antara negara berkembang dan negara maju. Ekspor merupakan salah satu sumber devisa yang sangat dibutuhkan oleh negara yang perekonomiannya bersifat terbuka, karena ekspor secara luas ke berbagai negara memungkinkan peningkatan jumlah produksi yang mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga diharapkan dapat memberikan andil yang besar terhadap pertumbuhan dan stabilitas perekonomiannya.
Penelitian Husaini (2000). Membuktikan perkembangan jumlah transaksi ekspor, dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi. Kedua variabel ini berkaitan secara fluktuasi. Selain itu juga diamati perkembangan  harga  ekspor dan  harga  impor. Kedua variabel ini erat kaitannya dengan tingkat pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu perubahan pada nilai ekspor akan mempengaruhi proses perkembangan serta dapat mendorong tingkat pertumbuhan ekonomi.

Ekspor migas tidak hanya ditentukan oleh faktor-faktor keunggulan komparatif    (teori klasik) yang dimilikinya atau bantuan dari pemerintah, tetapi juga sangat ditentukan oleh faktor-faktor keunggulan kompetitif, misalnya kerjasama yang baik antara pemerintah dan pengusaha dan etos kerja masyarakat yang tinggi, teknologi dan produktivitas yang tinggi, kualitas yang baik promosi yang meluas, pelayanan teknis maupun non teknis yang baik, modal dan prasarana yang cukup, tingkat kewirausahaan (entrepreneurship) yang tinggi memiliki jaringan distribusi di dalam dan terutama di luar negeri yang luas. Peningkatan sumber daya manusia dan penggalian-penggalian potensi yang ada di negara bersangkutan serta menghasilkan produk-produk unggulan baik keunggulan komparatif maupun keunggulan kompetitif yang merupakan daya saing komuditas migas dan nonmigas di negara itu akan berpengaruh kepada pertumbuhan ekonomi impor migas dan non-migas akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi meningkatkan kesejahteraan masyarakat suatu negara.
H1: Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan ekspor terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi pada Negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL).

2.3.2 Pengaruh Impor terhadap tingkat Pertumbuhan Ekonomi

   Amir, (2004) berpendapat bahwa, tujuan perdagangan sebenarnya bukan hanya maksimasi ekspor, tetapi peningkatan baik ekspor maupun impor. Untuk itu peningkatan impor diatasi dengan menekan impor. Langkah yang lebih tepat adalah dengan memperketat ekonomi makro. Impor yang meningkat pesat akhir-akhir ini lebih banyak didominasi oleh impor yang sifatnya konsumtif dan bukannya barang modal seperti yang dikatakan pemerintah. Menurutnya, mobil atau kulkas itu bukan barang modal, tetapi barang konsumsi. Hanya karena diimpor dalam bentuk CKD (completely Knock-Down), oleh pemerintah dianggap barang modal. Persoalan ekspor sekarang ini menurut dia bukan karena salah dalam memilih produk unggulan. "Semakin dipilih-pilih atau dibelas kasihani oleh pemerintah justru akan semakin merusak ekspor tersebut. Semakin dijauhi oleh pemerintah justru akan semakin baik," pemerintah juga harus mengupayakan insentif-insentif untuk ekspor yang sifatnya netral dan tidak macam-macam, sehingga secara efektif bisa mendorong industri untuk tidak berorientasi lokal, tetapi berorientasi ekspor.
Lebih lanjut hasil penelitian Irma, (2008), menunjukkan bahwa pola hubungan komponen ekspor terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi, adalah saling mempengaruhi, tetapi untuk komponen impor ditemukan pola hubungan yang tidak signifikan dengan tingkat pertumbuhan ekonomi. Hal ini di sebabkan oleh nilai impor yang lebih besar dari nilai ekspor maka akan mengakibatkan tingkat inflasi yang begitu tinggi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa, peranan sektor ekspor tidak berpengaruh nyata terhadap perkembangan PDB. Hal itu sejalan dengan pendapat Jung dan Marshall (1985) yang mengemukakan sebagian besar negara-negara berkembang tidak menunjukkan dukungan empiris bahwa pertumbuhan ekspor akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Temuan ini, juga sejalan dengan pendapat Arief (2003) yang menyatakan jika sektor ekspor ini masih tergantung pada input impor maka pengaruhnya terhadap PDB tidaklah nyata. Faktor yang berpengaruh nyata dalam penelitian ini adalah ekspor dikurangi dengan impor tahun sebelumnya.
Penelitian Tenenbaum (2002). Dengan adnya hubungan perdagangan antara antara suatu negara dengan negara lain, timbullah dengan sendirinya hubungan ekspor dan impor di negara itu. Ekspor dilakukan oleh negara itu, karena harga barang yang diekspor itu lebih tinggi di luar negeri dari pada di dalam negeri. Sehingga hasil dari ekspor itu kemudian digunakan untuk mengimpor barang dari luar negeri. Memanglah pada hakekatnya ekspor itu merupakan alat untuk dapat mengimpor (import must paid by export). Ekspor dan impor itu kedua-duanya adalah masalah jual beli, sehingga tidak dapat dilepaskan dengan masalah harga dan keuntungan.

Hubungannya antara ekspor dan impor itu dapat dipahami bahwa, bilamana harga barang-barang ekspor itu relatif tinggi bila dibandingkan dengan harga barang impor, maka posisi negara pengekspor itu adalah baik dan stabil. Sebaliknya bilamana harga ekspor kita relatif rendah terhadap barang-barang yang kita impor, keadaan kita tidak akan menguntungkan. Demikian pula bilamana jumlah ekspor nilai ekspor kita relatif kecil sedangkan kita terus saja mengimpor, posisi kita pun tidak menguntungkan. Juga dalam hal kualitas barang ekspor kita rendah dibandingkan dengan kualitas barang-barang yang kita mengimpor maka posisi perekonomian kita pun tidak menguntungkan. Keadaan ini yang disebut posis term of trade (perbandingan pertukaran).

H2: Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan impor terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi pada Negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL).

2.4 Model Penelitian 

Dari persoalan penelitian yang ada, maka dapat penulis gambarkan model keterkaitan antara ekspor dan impor dengan tingkat pertumbuhan ekonomi sebagai berikut:

Gambar 2.2.2 model dari keterkaitan ekspor dan impor dengan tingkat pertumbuhan ekonomi



Ekspor (X1)

Impor (X2)

Tingkat Pertumbuhan Ekonomi (Y)

H1+

H2+
 

Gambar di atas menunjukkan bahwa ekspor dan impor mempunyai pengaruh terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi. Tetapi berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu mengmukakan bahwa, apabila nilai ekspor lebih tinggi daripada nilai impor, maka Trade Balance dikatakan surplus dan begitu pula apabila terjadi sebaliknya maka akan menghasilkan Trade Balance yang defisit. Peningkatan Trade Surplus atau penurunan Trade Deficit lebih memberikan gambaran yang baik bagi perekonomian suatu negara, tetapi peningkatan Trade Deficit atau menurunnya Trade Surplus menyatakan suatu kondisi yang kurang disukai, sehingga pengaruh impor terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi menjadi negative dan tidak signifikan. Dalam penelitian ini, yang merupakan variabel independent adalah ekspor dan impor. Sedangkan tingkat pertumbuhan ekonomi adalah variabel dependent. Ada kemungkinan bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi dapat mempengaruhi transaksi ekspor dan impor, namun berdasarkan teori yang sudah ada, maka dalam penelitian ini yang akan diteliti oleh penulis adalah pengaruh ekspor dan impor terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu dalam penelitian penulis akan menggunakan hubungan eksplisit satu arah.

BAB III

METODE PENELITIAN



Metode penelitian merupakan cara kerja untuk memahami bagaimana penelitian dilakukan. Dalam penelitian perlu diketahui satuan pengamatan dan satuan analisis supaya jelas dengan jenis penelitian dan sumber, metode pengumpulan data, metode pengukuran data dan teknik analisis data.

3.1 Jenis Dan Sumber Data

Berdasarkan persoalan penelitian dan tujuan penelitian, maka jenis penelitian yang digunakan adalah untuk mencari dan mengukur pengaruh antara dimensi-dimensi ekspor dan impor terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi, oleh karena itu jenis penelitian lebih mendekati penelitian eksplanasi (explanatory research) yang didukung oleh data kuantitatif dan kualitatif. Sedangkan sumber dari data penelitian ini penulis menggunakan data sekunder yang bersifat kuantitatif. Data sekunder ini diperoleh dari laporan BPS dari Ministério Turismo Comércio e Industrial Negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL) pada periode 2002-2008, jurnal ekonomi serta buku-buku yang berkaitan dengan penelitian, .

3.2 Metode Pengumpulan Data

Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara :

1. Dokumentasi

Yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, laporan, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan sebagainya. Arikunto, (2002).

2. Studi Kepustakaan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan penelitian ialah mendayagunakan sumber informasi yang terdapat di perpustakaan dan jasa informasi yang tersedia. Pemanfaatan perpustakaan ini diperlukan bahan dokumentasi (data sekunder). Nyata sekali bahwa, tidak mungkin suatu penelitian dapat dilakukan dengan baik tanpa orientasi pendahuluan di perpustakaan. Oleh karena data yang digunakan dalam penelitian inipun menggunakan alat berupa studi dokumentasi dan studi literatur (studi kepustakaan).

3.3 Metode Pengukuran Data

            Salah satu kegiatan yang penting dalam penelitian adalah melakukan pengukuran terhadap metode-metode yang dipilih. Setiap kegiatan yang ditujukan untuk mengidentifikasikan besar kecilnya obyek atau gejala yan disebut dengan pengukuran. Untuk dapat menyelesaikan persoalan penelitian yang dirumuskan serta mempermudah analisis data, maka diperlukan aras pengukuran metode-metode yang digunakan.

            Metode pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini diukur pada aras rasio, pada aras rasio ini angka yang ada akan menunjukkan nilai sebenarnya dari obyek yang diukur. Supramono dan Intiyas, (2004).

Metode pengukuran dalam penelitian adalah:

a.    Nilai ekspor diukur dari total ekspor menurut negara tujuan (dalam ribuan ton), data yang digunakan adalah data dari bulan Januari 2002 sampai dengan Desember 2008;

b. Nilai impor diukur dari total impor menurut negara asal (dalam ribuan ton), data yang digunakan mulai dari bulan Januari 2002 sampai dengan bulan Desember 2008

c. Diukur dari tingkat pertumbuhan ekonomi dengan menggunakan sudut pandang (direct quations) dan khusus untuk uji hipotesis dua variabel independent itu di rata-ratakan dengan menggunakan sudut pandang, data yang digunakan adalah data bulan Januari 2002 sampai dengan bulan Desember 2008.  

3.4 Teknik Analisis Data

Dalam upaya menjawab persoalan penelitian yang telah dirumuskan sebelumnya, diperlukan teknik analisis data yang tepat dan relevan. Dengan teknik analisis data dapat diketahui cara bagaimana data yang telah dikumpulkan akan dianalisis agar tujuan penelitian dapat dicapai. Oleh karena itu teknik analisis data yang akan digunakan dalam mengolah dan menganalisis data yang telah terkumpul adalah teknik analisis kuantitatif berdasarkan statistik deskriptif, yaitu suatu teknik analisis yang akan mengambarkan dan menganalisis data yang disertai dengan grafik-grafik, tabel-tabel dan perhitungan tingkat porsentase dalam mengetahui tingkat pertumbuhan ekonomi secara quartalan.

Tahun
Ekspor  (X1)
Impor (X2)
Tingkat Pertumbuhan Ekonomi (Y)
2002
I
II
III
2003
I
II
III
2008
…….
. . . . . ..
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .

…….
. . . . . ..
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .

…….
. . . . . ..
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .




Untuk menghitung berapa persen tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara dengan metode sebagai berikut:  

1. Cara rata-rata setiap quartal:

                              n-1

(a)                                   tn

r =        (                       1)    100%................................................................... (  )

                                      to              

atau dengan compounding factor:

n-1

(b)        tn = to (1 + r)................................................................................................ (  )

Keterangan:

r                       : Laju pertumbuhan ekonomi rata-rata setiap quartal

n                      : Jumlah tahun (dihitung mulai dengan sampai dengan)

tn                     : Tahun terakhir periode

to                     : Tahun awal periode

(1+r)n-1           : Mencerminkan compounding factor.

2. Cara Tahunan:

         PDBX – PDBX-1

ΔPDBX =                                 100%.............................................................. (  )

    PDBx-1

Keterangan:

ΔPDBX            : Laju pertumbuhan ekonomi (Rate of growth)

         X             : Tahun tertentu

X-1                    : Tahun sebelumnya

PDB                : Produk Domestik Bruto

Perhitungan tingkat pertumbuhan ekonomi dilihat dari sektor ekspor-impor dengan persamaan sebagai berikut:

Y = (Yn+1 + Xn+1 – Mn+1) 100%............................................................(n)

Y         : Total pertumbuhan ekonomi (pertahun) pertumbuhan satu tahun (n)

Yn+1     : Rata-rata pertumbuhan ekonomi (quartal) pertumbuhan empat bulan pada ke (n+1)

 Xn+1    : Nilai ekspor (quartal) nilai ekspor empat bulan pada ke (n+1)

Xn+1     : Nilai impor (quartal) nilai impor empat bulan pada ke (n+1)

n          : Total periode ke (21) dalam tujuh tahun.

Setelah menghitung berapa persen tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara dengan maka lebih lanjut untuk membuktikan bahwa apakah tingkat pertumbuhan ekonomi itu dapat dipengaruhi oleh sektor perdagangan internasional (ekspor-impor) maka penulis menggunakan alat analisis:  

Regresi.

Digunakan untuk memproyeksi atau mengetahui seberapa besar pengaruh ekspor dan impor terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi formulasinya sebagai berukut.

 Ŷ = b0 +b1X1+b2X2

Keterangan :

                   Ŷ           : variabel terikat mewakili pertumbuhan ekonomi

                   X1                          : variabel bebas  mewakili ekspor

                   X2                 :  variabel bebas mewakili impor

                   b0              :  interpretasi koefisien merupakan nilai Y apabila X1=X2=0                        

                   b1                  :  besarnya pengaruh X2 terhadap Ŷ apabila X1 tetap maka

                                       perubahan nilai X1 akan menyebabkan perubahan nilai Y.

                   B2                 : besarnya X1 terhadap Y apabila X2 tetap maka perubahan nilai X2                                                                  akan menyebabkan perubahan nilai Ŷ.                                         



Uji validitas

            Ridwan (2004) menjelaskan bahwa uji validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat keandalan atau kesahihan suatu alat ukur. Alat ukur yang kurang valid berarti memiliki validitas yang rendah. Uji validitas dilakukan berkenaan dengan ketepatan alat ukur terhadap konsep-konsep yang diukur sehingga benar-benar mengukur apa yang seharusnya diukur. Untuk menguji validitas alat ukur, terlebih dahulu dicari harga korelasi antara bagian-bagian dari alat ukur secara keseluruhan dengan cara mengkorelasokan setiap butir ukur dengan skor total yang merupakan jumlah tiap skor butir. Untuk menghitung alat ukur digunakan rumus pearson product moment (PPM).

 
rxy =

Keterangan :

rxy        : koefisien korelasi product moment

∑Xi     : jumlah skor item

∑Yi      : jumlah skor total

n          : jumlah responden

selanjutnya dihitung Uji-t dengan rumus : thitung

Dimana :

rhitung    : Koefisien Korelasi

r           : Koefisien korelasi hasil rhitung

n          : jumlah responden

distribusi (Tabel t) untuk α = 0,05 dan derajad kebebasan (dk = n-2)

kaidah keputusan : jika thitung > ttabel berarti valid sebaliknya thitung < ttabel berarti tidak valid jika instrumen itu valid, maka dilihat kriteria penafsiran mengenai indeks korelasinya ® sebagai  berikut :

antara 0,8000-1,000    : sangat tinggi

antara 0,600-0,799      : tinggi

antara 0,400-0,599      : cukup tinggi

antara 0,200-0,399      : rendah

antara 0,000-0,199      : sangat rendah (tidak valid)


9 komentar:

  1. Kabar Baik, Setiap Satu. Nama saya Aris Setymin Dari Indonesia tapi aku tinggal di Prahova Rumania, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, saya pernah menjadi miskin wanita tapi dia telah berubah saya untuk orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.

    Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp98,700,500, saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi aku memutuskan untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja pinjaman diterima secara online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama CYNTHIA JOHNSON yang merupakan CEO dari Cynthia Johnson Pinjaman Perusahaan.

    Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman ($520,000.00USD) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat lisensi kesepakatan dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disetorkan ke rekening bank saya.

    Jadi saya ingin saran siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi dia melalui: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkati dia dan keluarganya untuk hal-hal baik yang telah dilakukan di hidupku. Anda juga dapat menghubungi saya di arissetymin@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya: ladymia383@gmail.com yang memperkenalkan saya kepada Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia.

    BalasHapus
  2. Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Jika dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Jika Anda membayar tagihan atau hutang untuk menyelesaikan, atau apakah saya perlu pinjaman untuk memulai bisnis yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan itu sulit bank lokal / modal mencari untuk mendapatkan kredit dari lembaga keuangan lain? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau pembiayaan untuk alasan apapun, jika Anda suka,

    * Kredit Kendaraan
    * Pinjaman Real Estat
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman Lainnya
    * Kredit
    * MasterCard

    Silahkan hubungi kami melalui e-mail: Saya Theresaloancompany@gmail.com
    Catatan: Pinjaman memberikan tingkat bunga tahunan hanya 2%. Harap Anda akan diberikan kredit di negara manapun di dunia harus perumahan.

    Kebutuhan pelanggan, kita perlu memberikan informasi berikut untuk membuka file pemrosesan pinjaman.

    1. NAMA LENGKAP: ...............................
    2. ALAMAT: .............................. .. ...
    3. KERJA: .....................
    4. NEGARA: ........................
    5. KONDISI: ........................ ..
    6. Kota: ...........................
    7. SEX: ............................
    8. Umur ........................... ..
    9. NOMOR TELEPON MOBILE: ............ ..
    10. JUMLAH KREDIT DIBUTUHKAN: ..........
    Penghasilan 11.Monthly ..................
    12.DURATION dari: ..................... ..
    13. PINJAMAN TUJUAN ...............

    Terima kasih atas kerja sama anda
    PERUSAHAAN PINJAMAN Theresa
    ALAMAT EMAIL: Saya Theresaloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  3. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  4. Nama saya Novi Setyaningsih dari kota megalang, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scammers di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di syngapore dan saya scammed oleh orang di syngapore. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Mrs. Emiliana, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp700,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

    setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Mrs Emilaian tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson111@gmail.com

    i menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: setyaningsihnovi1990@gmail.com dan Ibu Aisha bukafia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Mrs.Emiliana, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Mrs. Emiliana Anda dapat juga menghubungi dia melalui email: mrsaishabukafia@gmail.com Sekarang,

    semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT untuk menggunakan Mrs. Emiliana mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya seorang pemilik bangga bisnis saya sendiri, semoga Allah terus memberkati Mrs Emiliana dan terus menggunakan nya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan

    BalasHapus
  5. Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
     
    Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
     
    Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan tidak ada biaya pinjaman, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

    BalasHapus
  6. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  7. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  8. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang jatuh karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.

    Ya Tuhan, teman-teman yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman tersebut, memperkenalkan saya pada perusahaan terpercaya di mana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Saat saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan

    Saya sangat senang Tuhan memakai teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lain untuk menghubungi
    christabel ibu melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirimkan langsung ke rekening mereka setiap bulan.

    Sebuah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan hidup sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan Nomor WhatsApp +15614916019

    BalasHapus