Halaman

Kamis, 26 April 2012


ABSTRAK



“Analisis potensi komoditi kopi sebagai produk unggulan ekspor di negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL)”. Komoditas kopi merupakan salah satu komoditas yang cukup penting terutama sebagai sumber devisa negara Timor-Leste melalui ekspor. Kopi juga dapat memprensentasi 90% pendapatan tunai tahunan bagi 25% penduduk Timor-Leste, komoditas kopi pada umumnya diproduksi untuk diekspor. Nilai ekspor rata-rata kopi menduduki peringkat pertama sejak tahun 2000-2002 sebelum sumber daya minyak diolah. Setelah minyak diekspor maka, komoditas kopi dalam kurun waktu 2003-2009 menduduki urutan tertinggi kedua. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah Timor-Leste terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan potensi sumberdaya yang dimiliki khususnya sektor pertanian dengan komoditi berbasis perkebunan kopi.

Dalam penelitian ini analisis yang digunakan peneliti adalah bagaimana mengidentifikasi atau menemukan potensi yang perlu dikembangkan oleh pemerintah Timor-Leste adalah potensi sumberdaya alam yang mendukung baik agroklimat maupun tanah dengan kondisi lahan yang subur dan sesuai bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman pertanian khususnya komoditi kopi dengan produksi yang cukup baik. Potensi yang dimiliki Timor-Leste dari sektor pertanian khususnya komoditi perkebunan kopi, perlu diarahkan kepada suatu komoditi unggulan yang berorientasi ekspor dengan tetap memperhatikan kelestarian alam. Untuk pengembangan komoditi kopi sebagai produk unggulan ekspor maka, pemerintah terlebih dahulu meningkatkan ke empat faktor tersebut diantaranya: (1) faktor produksi) terdiri dari SDA, SDM, infrastruktur dan teknologi, (2) faktor permintaan, permintaan domestik dan permintaan internasional, (3) faktor industri terkait dan pendukung meliputi industri inti komoditi kopi dan industri terkait dan pendukung, (4) strategi perusahaan, struktur dan pesaingnya yang terdiri dari strategi perusahaan dalam ekspor kopi serta bagaimana struktur persaingan negara-negara penghasil kopi. Pengembangan melalui ke empat faktor ini akan membuat komoditi kopi Timor-Leste unggul di pasaran internasional. Dalam upaya pengembangan komoditi kopi sebagai produk unggulan ekspor maka, ada permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah adalah jumlah produksi kopi yang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dalam penanganan pasca panen serta produktivitas kopi yang rendah.  

    

Kata Kunci: National Competitive Advantage











        Salatiga, 1 Oktober 2010







                                                  P e n u l i s,





















PRAKATA

Analisis potensi komoditi kopi sebagai produk unggulan ekspor merupakan salah satu kebijakan yang harus diambil oleh pihak-pihak terkait yaitu pemerintah, industri kopi termasuk dukungan dari petani kopi yang dapat menjadikannya komoditi kopi sebagai komoditi unggulan ekspor negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL).

Untuk menjadikan komoditi kopi sebagai komoditi unggulan ekspor, maka terdapat beberapa faktor antara lain: Faktor kondisi, Faktor Permintaan, Faktor Industri Yang Terkait Dan Pendukungnya serta Strategi Perusahaan, Struktur Dan Pesaingnya. Dalam pelaksanaannya, pemerintah lebih berperan sebagai fasilitator yang akan dapat memfasilitasi keempat faktor pendukung tersebut agar komoditi kopi dapat bertahan baik di pasar dalam negeri maupun di pasar luar negeri.

Secara teoritis sebuah negara yang mengikuti hirarki Porter diharapkan dapat hidup lebih layak dan makmur daripada negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpah. Artinya kemakmuran nasional diciptakan, bukan diwariskan. Sebab dalam persaingan global yang semakin meningkat, negara menjadi semakin penting. Bersamaan dengan beralihnya basis persaingan menuju penciptaan dan asimilasi pengetahuan, peran negara telah berkembang. Keunggulan kompetitif diciptakan dan dipertahankan melalui proses yang sangat terlokalisir. Perbedaan dalam hal nilai-nilai, kebudayaan, struktur perekonomian, lembaga dan sejarah nasional semuanya memberikan kontribusi terhadap keberhasilan bangsa.

Oleh karena itu dalam penelitian ini tujuan utama penulis akan membuktikan apakah pendekatan keempat faktor tersebut dapat menguntungkan bagi negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL). Untuk itu penulis berharap penelitian ini dapat digunakan sebagai langkah awal untuk mengetahui apakah teori Diamond Porter benar-benar dapat bermanfaat bagi negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL). 







































UCAPAN TERIMA KASIH

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tesis ini sesuai dengan waktu yang telah di tentukan. Dalam penulisan tesis yang berjudul “Analisis Potensi Komoditi Kopi Sebagai Produk Unggulan Ekspor Di Negara Repúblik Democrática De Timor-Leste (RDTL).

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang harus di benahi. Namun dalam penulisan tesis ini penulis juga banyak mendapat bantuan dan dukungan dari semua pihak. Sehingga penulis tidak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya kepada:

1. Rektor Universitas Satya Wacana Salatiga (UKSW), yang telah mendukung proses belajar mengajar ini berjalan dengan baik;

2. Direktur Program Pascasarjana Universitas Satya Wacana Salatiga (UKSW), yang telah mendukung proses belajar mengajar ini berjalan dengan baik;

3. Ketua Program Studi Magister Manajemen Universitas Satya Wacana Salatiga (UKSW), yang telah mengatur dan mendukung baik secara material maupun non material hingga kegiatan ini berjalan dengan baik;

4. Dosen Pembimbing Ir. Lieli Suharti, MM., Ph.D yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing dan mengarahkan penulis dalam proses penyusunan tesis ini; 

5. Semua staff dosen PPs Magister Manajemen Universitas Satya Wacana Salatiga (UKSW), yang telah membantu penulis dalam menyusun tesis ini hingga selesai;

6. Semua staff administrasi PPs Magister Manajemen Universitas Satya Wacana Salatiga (UKSW), yang telah mendukung dan membantu penulis secara administratif;

7. Rekan-rekan mahasiswa seangkatan, yang telah memberikan sumbangan pemikiran pada penulis dalam proses penulisannya;

8. Para Pimpinan dan Staff di Kantor DNPIA-C/MAP RDTL yang telah bersedia menerima penulis dalam mengadakan penelitian;

9. Kantorku Universidade Nacional Timor Lorosa’e (UNTL), yang telah memberikan kesempatan dan biaya serta dukungan moral kepada penulis;

10.  Istri dan Anakku yang selalu mendukung dan memberikan motivasi kepada penulis dalam menyelesaikan tesis ini dengan baik.

Dalam proses penulisan tesis ini penulis merasa bahwa masih banyak kekurangan sehingga sangat di harapkan saran dan kritikan yang bersifat membangun dari pembaca demi penyempurnaan penulisan tesis tersebut.



  1 October 2010





                      P e n u l i s

DAFTAR ISI



Abstrak------------------------------------------------------------ i

Prakata------------------------------------------------------------ iii

Daftar Isi---------------------------------------------------------- iv

Daftara Tabel---------------------------------------------------- vi

Daftar Gambar-------------------------------------------------- vii

Daftar Grafik---------------------------------------------------- viii

Daftar Lampiran------------------------------------------------ ix

Daftar Istilah---------------------------------------------------- x



Bab I Pendahuluan-------------------------------------------- 1

1.1 Latar Belakang--------------------------------------- 1

1.2 Masalah Penelitian---------------------------------- 4

1.3 Persoalan Penelitian--------------------------------- 5

1.4 Tujuan Penelitian------------------------------------ 5

1.5 Manfaat Penelitian----------------------------------- 5

1.6 Ruang Lingkup--------------------------------------- 6



Bab II Kerangka Teori---------------------------------------- 7

2.1 Komoditi Kopi Sebagai Produk Ekspor--------- 7

2.2 Potensi Dan Permasalahan------------------------ 21

2.3 Kerangka Pikir---------------------------------------- 24



Bab III Metode Penelitian------------------------------------ 27

3.1 Jenis dan Sumber Data---------------------------- 27

3.2 Metode Pengumpulan Data------------------------ 28

3.3 Unit Analisis------------------------------------------ 30

3.4 Teknik Analisis Data-------------------------------- 30



Bab IV Hasil Dan Pembahasan----------------------------- 33

4.1 Gambaran Umum------------------------------------ 33

4.2 Analisis Potensi Komoditi Kopi Sebagai Produk Unggulan Ekspor                   35

4.3 Analisis Permasalahan------------------------------ 77

4.4 Upaya Pemerintah----------------------------------- 82



Bab V Penutup-------------------------------------------------- 95

5.1 Kesimpulan-------------------------------------------- 95

5.2 Saran--------------------------------------------------- 108

5.3 Keterbatasan------------------------------------------ 114





















DAFTAR TABEL



Tabel : 4.2.1 Perbandingan Ekspor Timor-Leste

2000-200-------------------------------------------------- 40

Tabel : 4.2.1 Lahan Kopi Di Negara RDTL---------------- 45

Tabel : 4.2.2.1 Areal Dan Volume Produksi Kopi-------- 57

Tabel : 4.2.2.2 Ekspor Kopi Di Negara RDTL------------- 59

Tabel : 4.3.1 Rekapitulasi Potensi Dan

Permasalahan-------------------------------------------- 81

Tabel: 4.3.2 Rekapitulasi Permasalahan Dan Upaya--- 93

























DAFTAR GAMBAR





Gambar : 2.1.1 Determinants of National

Competitive Advantage-------------------------------- 16

Gambar : 2.1.2 Determinants of National

Competitive Advantage-------------------------------- 19

Gambar: 2.1.3 Paradigma baru------------------------------ 25

Gambar : 2.4.1 Kerangka Pikir------------------------------ 30

Gambar : 4.2.1.1 Peta Daerah Penghasil Kopi----------- 45

Gambar : 4.3.2 Pola Sinergi Dalam Industri Kopi

Timor-Leste----------------------------------------------- 67























DAFTAR GRAFIK



Grafik : 4.2.1 Lahan Kopi------------------------------------- 46

Grafik : 4.2.2.1 Volume Produksi Kopi-------------------- 58

Grafik : 4.2.2.2 Volume Ekspor Kopi----------------------- 60

Grafik : 4.2.2.3 Nilai Ekspor Kopi Setiap Tahun-------- 61































DAFTAR LAMPIRAN



Lampiran 1           : Surat Keterangan Selesai Penelitian

Lampiran 2           : Daftar Pertanyaan Wawancara

Lampiran 3           : Surat Pernyataan

Lampiran 4           : Motto

Lampiran 5                    : Persembahan







































DAFTAR ISTILAH



Nations Competitive Advantage : Keunggulan Bangsa

Diploma Ministerial No. 01/2009 18 de Setembro procedimentos de certificação da origem do café de Timor Leste : Surat Keterangan Tingkat Mentri Tanggal 18 September 2009 No. 1 Tentang Surat Izin Usaha dan budidaya Kopi Organik Timor-Leste Artigo 2 Empresas autorizadas : Pasal 2 tentang izin usaha Artigo 3 Exportacao café de Timor-Leste : Pasal 3 tentang ekspor kopi Cooperativa Café Organic-CCO : Koperasi kopi organic Cooperativa Café Timor-CCT : Koperasi kopi Timor-Leste Departamento Café Cola : Dinas Perkopian Deração Nacional Plantas Industrias Comercio-DNPIA-C : Departemen nasional pengembangan industri perkebunan Ministério Agricultura e Pescas-MAP : Kementrian pertanian dan perikanan.























DAFTAR PUSTAKA



Laporan Tahunan Dari Staff IMF Timor-Leste 2005, Perkembangan Ekonomi Dari Berbagai Sektor Ekonomi Nasional, Timor-Leste.

M. S. Amir. 2003, Strategi Memasuki Pasar Ekspor, PPM, Jakarta

Moleong. Lexy. J. Metodologi Penelitian, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung hal. 3

Hinkelman, G. Edward. 2002, Metode Pengembangan Bisnis Internasional, PPM, Jakarta

Panglayakim, Jusuf. 2000, Bisnis Internasional Dalam Lingkungan Yang Sedang Berubah, Sinar Harapan, Jakarta

Porter, E. Michael. 2007, Strategi Persaingan. Karisma Publishing Group, Tangerang

Rugman, M. Alan. Dkk. 1999. Bisnis Internasional, PT. Pustaka Binaman Presindo, Jakarta

M. S. Amir. 2000. Seluk Beluk Dan Teknik Perdagangan Luar Negeri, PPM. Jakarta

David R. Freed. 2006. Manajemen Strategi. Salemba Empat, Jakarta

Hitt, A. Michael. Dkk. 2001. Strategic Management Competitiveness And Globalization Concepts. Salemba Empat

Ball, A. Donald. Dkk. 2004. Bisnis Internasional: Tantangan Persaingan Global. Salemba Empat.

Najiyati, Sri, dan Danarti. 2004. Kopi Budi Daya dan Penanganan Pasca Panen. Jakarta: Penebar Swadaya.

Dess, Lumpkin, Eisner. 2005. Strategic Management, Mc Graw-Hill, International Edition.

Mudrajad Kuncoro. 2006. Strategi: Bagaimana meraih Keunggulan Kompetitif, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Chandra, Gregorius. 2005. Strategi Dan Program Pemasaran. Andi, Yogyakarta.

Supratikno, Hendrawan. 2003. Manajemen Strategi: Teori Dan Aplikasi, FEUKSW. Salatiga

Ratya, Anandita Dan Reed, R. Michael. 2008. Bisnis Dan Perdagangan Internasional. Andi, Yogyakarta

Supramono dan Utami, Intiyas. 2004. Desain Proposal Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Krugman, Paul. 1980, Perdagangan Internasional, Salemba, Jakarta

Analisis CSIS: Vol. 26 No.5 hal. 464-477.

Sumita, 2002. Industri Kopi Perlu Paradigma Baru. Kopi indonesia Edisi 110/Th IX/September-Oktober 2002, p:18-19.

Graff, J. De. 1998. The Economic of Coffe. Economic of Crops in Developing Countries No. 1. Pudoc Wegeningen. Netherlandes.

Bahan Dari Internet:

Informasi: http://www.ico.annualrevew.org Diundup tanggal 14 November 2009

Informasi: http://www.itc.org Diundup tanggal 14 November 2009

Informasi: http://www.TIMOR-LESTE.GOV.TL.com Diundup tanggal 14 November 2009

Informasi: http://www.diraccaoestatisticanacionaltimorleste.com Diundup tanggal 14 November 2009

Susila, Wayan R. 2004. Standar Ota Eropa Untuk Kopi: Musuh Yang Konstruktif. [on line]http://www.ipard.com/art_perkebun/0020504wrs.asp [16 Januari 2009]. Bogor: Lembaga Riset Perkebunan Nasional.

Informasi: http://www.diraccaoestatisticanacionaltimorleste.com Diundup tanggal 14 November 2009

Dian. 2008, http://www.agrobisnis.com Diundup tanggal 28 April 2010

FAO . (2009). FAO Report, A Setback in the War against Hunger, http://www.fao.org (25 November 2009).

Masngudi, 2006. Perdagangan Internasional.http://www.ekspordanimpor.com. Diundup Tanggal 13 November 2009.

H. Denny, 2005, http://www.ekspor-impor.com Diundup tanggal 15 November 2009

Didik, J. Rakhbini. 2006,http://www.globalisasiperdaganganinternasional.com Diundup tanggal 15 November 2009

K. Husaini. 2000,http://www.perkembangantransaksiekspor.com Diundup tanggal 5 November 2009

Laporan Tahunan IMF. 2009, http://www.imf.org.com Diundup tanggal 17 November 2009

Laporan Tahunan World Bank. 2008,http://www.Worldbank.org.com Diundup tanggal 1 Desember 2009

Laporan Tahunan Oxfam Internasional. 2005, http://www.Worldbank.org.com Diundup tanggal 1 Desember 2009

















































ANALISIS POTENSI KOMODITI KOPI SEBAGAI PRODUK UNGGULAN EKSPOR DI NEGARA REPÚBLICA DEMOCRÁTICA DE TIMOR-LESTE (RDTL)



Tesis

Diajukan Kepada

Program Pascasarjana Magister Manajemen

Untuk Memperoleh Gelar Magister Manajemen


















OLEH:

ANTÓNIO Bani-Lolik CÁRCERES

NPM: 912008906













Program Pascasarjana Magister Manajemen

Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga (UKSW)

October 2010



ANALISIS POTENSI KOMODITI KOPI SEBAGAI PRODUK UNGGULAN EKSPOR DI NEGARA REPÚBLICA DEMOCRÁTICA DE TIMOR-LESTE (RDTL)





Tesis









Oleh:



António Bani-Lolik Cárceres

NPM : 912008906





Telah disetujui untuk diuji:

Tanggal  





Pembimbing







Ir. Lieli Suharti, MM., Ph.D







LEMBAR PENGESAHAN



Judul Tesis          Analisis Potensi Komoditi Kopi Sebagai Produk Unggulan Ekspor Di Negara (RDTL)

Nama Mahasiswa      : António Bani-Lolik Cárceres

NPM                          : 912008906

Program Studi           : Magister Manajemen





Menyetujui,









Ir. Lieli Suharti, MM., Ph.D

Pembimbing







Mengesahkan,

Ketua Program Studi Magister Manajemen











Prof. Cristantius Dwiatmadja, SE.,ME.,Ph.D













SURAT PERNYATAAN





Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama          : António Bani-Lolik Cárceres

NPM            : 912008906

Progdi         : Magister Manajemen Program Pascasarjana   UKSW

Alamat        : Jl. Diponegoro 52-60 Salatiga-50711

Dengan ini menyatakan bahwa dalam menulis tesis dengan judul “Analisis Potensi Komoditi Kopi Sebagai Produk Unggulan Ekspor di Negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL)”, saya tidak melakukan tindakan plagiasi atau mengambil dari karya tulis orang lain tanpa menyebutkan sumbernya. Jika saya terbukti melakukan tindakan plagiasi maka, saya bersedia dicabut gelar yang sudah diberikan dan bersedia untuk diproses berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.





Salatiga, 1 Oktober 2010

Yang membuat pernyataan,











António Bani-Lolik Cárceres













                                                                                 











Buka Matenek, Lori Matenek,

Servi Ho Matenek”










































Tesis ini ku persembahkan untuk :



            1. Yang tercinta kedua orang tuaku :

·   Bere-Nuak (Alm)

·   Kolo-Waik (Alma)

2. Persembahan khusus buat istriku yang tercinta

Anabela Cristovão dan buah hatiku Desya

Antónia Cristovão Cárceres”

            3. Teruntuk kakak Gregorio dos Santos dan

Carmelita Cárceres

            4. Teruntuk Keluarga Laclo dan Nanarica

            5. Teruntuk semua keluargaku di rumah

    (Kampung Merdeka)

6. Para pejuang kemerdekaan baik yang gugur dalam medan perang maupun yang masih hidup.



ABSTRAC





Coffee commodities represent one of the commodity which important enough especially as Timor-Leste state resource of stock-exchange pass/through exporting. Coffee also earn represents 90% earnings annual cash to 25% Timor-Leste resident, commodity coffee in general produced to be exported. Value export coffee means occupy first ranking since year 2000-2002 before oil resource processed. After oil exported by hence, commodity coffee in range of time 2003-2009 occupying both second sequence.

To increase prosperity of society, governmental of Timor-Leste continue to cope to improve and develop resources potency had especially agricultural sector with commodity base on plantation of coffee. In this research of used by analysis researcher is how to identify or find potency which need to be developed by Timor-Leste government is natural resources potency which support agro climate goodness and also land; ground with condition of fertile farm and according to agriculture crop growth and growth specially commodity coffee with good enough production. Potency had by Timor-Leste from agricultural sector especially commodity plantation of coffee, require to be instructed to an pre-eminent commodity which orient exporting without neglecting natural preservation. For the development of commodity coffee as pre-eminent product of exporting hence, government beforehand improve to four the factor among others: (1) conditions factors (factor of production) consist of natural resources, human resources, technological and infrastructure, (2) demand conditions (demand factor), domestic demand and international demand, (3) related/relevant industrial factor and supporter industry is core of commodity coffee and related/relevant industry and supporter, (4) industry strategy, structure and competitor consisting of industry strategy in exporting coffee and also how structure emulation of coffee producer nations. Development through to this four factor will make commodity coffee pre-eminent Timor-Leste in international marketing. In the effort commodity development coffee as pre-eminent product of exporting hence, there is problems faced by government is the amount of coffee production which still lower. This matter because of limitation of knowledge.






1 komentar:

  1. wahhh
    kerenn tesisya tentang Kopi!
    salam kenal dari saya
    Murni Muin, dari Gulolo, Ermera!

    BalasHapus