ABSTRAK
“Analisis potensi
komoditi kopi sebagai produk unggulan ekspor di negara República
Democrática De Timor-Leste (RDTL)”. Komoditas kopi merupakan salah satu komoditas yang
cukup penting terutama sebagai sumber devisa negara Timor-Leste melalui ekspor. Kopi juga dapat memprensentasi 90% pendapatan
tunai tahunan bagi 25% penduduk Timor-Leste, komoditas kopi pada umumnya
diproduksi untuk diekspor. Nilai ekspor rata-rata kopi menduduki
peringkat pertama sejak tahun 2000-2002 sebelum sumber daya minyak diolah. Setelah
minyak diekspor maka, komoditas kopi dalam kurun waktu 2003-2009 menduduki
urutan tertinggi kedua. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah
Timor-Leste terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan potensi sumberdaya
yang dimiliki khususnya sektor pertanian dengan komoditi berbasis perkebunan
kopi.
Dalam
penelitian ini analisis yang digunakan peneliti adalah bagaimana
mengidentifikasi atau menemukan potensi yang perlu dikembangkan oleh pemerintah
Timor-Leste adalah potensi sumberdaya alam yang mendukung baik agroklimat
maupun tanah dengan kondisi lahan yang subur dan sesuai bagi pertumbuhan dan
perkembangan tanaman pertanian khususnya komoditi kopi dengan produksi yang
cukup baik. Potensi yang dimiliki Timor-Leste dari sektor pertanian khususnya
komoditi perkebunan kopi, perlu diarahkan kepada suatu komoditi unggulan yang
berorientasi ekspor dengan tetap memperhatikan kelestarian alam. Untuk
pengembangan komoditi kopi sebagai produk unggulan ekspor maka, pemerintah
terlebih dahulu meningkatkan ke empat faktor tersebut diantaranya: (1) faktor
produksi) terdiri dari SDA, SDM, infrastruktur dan teknologi, (2) faktor
permintaan, permintaan domestik dan permintaan internasional, (3) faktor
industri terkait dan pendukung meliputi industri inti komoditi kopi dan
industri terkait dan pendukung, (4) strategi perusahaan, struktur dan
pesaingnya yang terdiri dari strategi perusahaan dalam ekspor kopi serta
bagaimana struktur persaingan negara-negara penghasil kopi. Pengembangan melalui
ke empat faktor ini akan membuat komoditi kopi Timor-Leste unggul di pasaran
internasional. Dalam upaya pengembangan komoditi
kopi sebagai produk unggulan ekspor maka, ada permasalahan yang dihadapi oleh
pemerintah adalah jumlah produksi kopi yang masih rendah. Hal ini disebabkan
oleh keterbatasan pengetahuan dalam penanganan pasca panen serta produktivitas
kopi yang rendah.
Kata Kunci: National Competitive Advantage
Salatiga, 1 Oktober 2010
P e n u l i s,
PRAKATA
Analisis
potensi komoditi kopi sebagai produk unggulan ekspor merupakan salah
satu kebijakan yang harus diambil oleh pihak-pihak terkait yaitu pemerintah,
industri kopi termasuk dukungan dari petani kopi yang dapat menjadikannya
komoditi kopi sebagai komoditi unggulan ekspor negara República Democrática De Timor-Leste
(RDTL).
Untuk
menjadikan komoditi kopi sebagai komoditi unggulan
ekspor,
maka terdapat beberapa faktor antara lain: Faktor kondisi, Faktor Permintaan,
Faktor Industri Yang Terkait Dan Pendukungnya serta Strategi Perusahaan,
Struktur Dan Pesaingnya. Dalam pelaksanaannya, pemerintah lebih berperan
sebagai fasilitator yang akan dapat memfasilitasi keempat faktor pendukung
tersebut agar komoditi kopi dapat bertahan baik di pasar dalam negeri maupun di
pasar luar negeri.
Secara
teoritis sebuah negara yang mengikuti hirarki Porter diharapkan dapat hidup
lebih layak dan makmur daripada negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam
yang berlimpah. Artinya kemakmuran nasional diciptakan, bukan diwariskan. Sebab
dalam persaingan global yang semakin meningkat, negara menjadi semakin penting.
Bersamaan dengan beralihnya basis persaingan menuju penciptaan dan asimilasi
pengetahuan, peran negara telah berkembang. Keunggulan kompetitif diciptakan
dan dipertahankan melalui proses yang sangat terlokalisir. Perbedaan dalam hal
nilai-nilai, kebudayaan, struktur perekonomian, lembaga dan sejarah nasional
semuanya memberikan kontribusi terhadap keberhasilan bangsa.
Oleh
karena itu dalam penelitian ini tujuan utama penulis akan membuktikan apakah
pendekatan keempat faktor tersebut dapat menguntungkan bagi negara República
Democrática De Timor-Leste (RDTL). Untuk itu penulis berharap penelitian ini
dapat digunakan sebagai langkah awal untuk mengetahui apakah teori Diamond
Porter benar-benar dapat bermanfaat bagi negara República Democrática De
Timor-Leste (RDTL).
UCAPAN
TERIMA KASIH
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan
tesis ini sesuai dengan waktu yang telah di tentukan. Dalam penulisan tesis yang berjudul “Analisis Potensi Komoditi Kopi Sebagai
Produk Unggulan Ekspor
Di Negara Repúblik Democrática De Timor-Leste (RDTL)”.
Penulis
menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang harus di benahi. Namun dalam
penulisan tesis ini penulis juga banyak mendapat bantuan dan dukungan dari
semua pihak. Sehingga penulis tidak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya
kepada:
1. Rektor Universitas Satya
Wacana Salatiga (UKSW), yang telah mendukung proses belajar mengajar ini
berjalan dengan baik;
2. Direktur Program
Pascasarjana Universitas Satya Wacana Salatiga (UKSW), yang telah mendukung
proses belajar mengajar ini berjalan dengan baik;
3. Ketua Program Studi
Magister Manajemen Universitas Satya Wacana Salatiga (UKSW), yang telah
mengatur dan mendukung baik secara material maupun non material hingga kegiatan
ini berjalan dengan baik;
4. Dosen Pembimbing Ir.
Lieli Suharti, MM., Ph.D yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing dan
mengarahkan penulis dalam proses penyusunan tesis ini;
5. Semua staff dosen PPs
Magister Manajemen Universitas Satya Wacana Salatiga (UKSW), yang telah
membantu penulis dalam menyusun tesis ini hingga selesai;
6. Semua staff
administrasi PPs Magister Manajemen Universitas Satya Wacana Salatiga (UKSW),
yang telah mendukung dan membantu penulis secara administratif;
7. Rekan-rekan mahasiswa
seangkatan, yang telah memberikan sumbangan pemikiran pada penulis dalam proses
penulisannya;
8. Para Pimpinan dan Staff
di Kantor DNPIA-C/MAP
RDTL
yang telah bersedia menerima penulis dalam mengadakan penelitian;
9. Kantorku Universidade
Nacional Timor Lorosa’e (UNTL), yang telah memberikan kesempatan dan biaya serta
dukungan
moral kepada penulis;
10. Istri dan Anakku yang
selalu mendukung dan memberikan motivasi kepada penulis dalam menyelesaikan tesis ini dengan baik.
Dalam
proses penulisan tesis ini penulis merasa bahwa masih banyak kekurangan
sehingga sangat di harapkan saran dan kritikan yang bersifat membangun dari
pembaca demi penyempurnaan penulisan tesis tersebut.
1 October 2010
P e n u l i s
DAFTAR ISI
Abstrak------------------------------------------------------------ i
Prakata------------------------------------------------------------ iii
Daftar Isi---------------------------------------------------------- iv
Daftara Tabel---------------------------------------------------- vi
Daftar Gambar-------------------------------------------------- vii
Daftar Grafik---------------------------------------------------- viii
Daftar Lampiran------------------------------------------------ ix
Daftar Istilah---------------------------------------------------- x
Bab I Pendahuluan-------------------------------------------- 1
1.1
Latar Belakang--------------------------------------- 1
1.2
Masalah Penelitian---------------------------------- 4
1.3
Persoalan Penelitian--------------------------------- 5
1.4
Tujuan Penelitian------------------------------------ 5
1.5
Manfaat Penelitian----------------------------------- 5
1.6
Ruang Lingkup--------------------------------------- 6
Bab II Kerangka Teori---------------------------------------- 7
2.1 Komoditi Kopi Sebagai Produk Ekspor--------- 7
2.2 Potensi Dan Permasalahan------------------------ 21
2.3 Kerangka Pikir---------------------------------------- 24
Bab III Metode Penelitian------------------------------------ 27
3.1 Jenis dan Sumber Data---------------------------- 27
3.2 Metode Pengumpulan Data------------------------ 28
3.3 Unit Analisis------------------------------------------ 30
3.4 Teknik Analisis Data-------------------------------- 30
Bab IV Hasil Dan Pembahasan----------------------------- 33
4.1 Gambaran Umum------------------------------------ 33
4.2 Analisis Potensi Komoditi Kopi Sebagai Produk Unggulan
Ekspor 35
4.3 Analisis Permasalahan------------------------------ 77
4.4 Upaya Pemerintah----------------------------------- 82
Bab V Penutup-------------------------------------------------- 95
5.1 Kesimpulan-------------------------------------------- 95
5.2 Saran--------------------------------------------------- 108
5.3 Keterbatasan------------------------------------------ 114
DAFTAR TABEL
Tabel : 4.2.1 Perbandingan Ekspor Timor-Leste
2000-200-------------------------------------------------- 40
Tabel : 4.2.1 Lahan Kopi Di Negara RDTL---------------- 45
Tabel : 4.2.2.1 Areal Dan Volume Produksi Kopi-------- 57
Tabel : 4.2.2.2 Ekspor Kopi Di Negara RDTL------------- 59
Tabel : 4.3.1 Rekapitulasi Potensi Dan
Permasalahan-------------------------------------------- 81
Tabel: 4.3.2 Rekapitulasi Permasalahan Dan Upaya--- 93
DAFTAR GAMBAR
Gambar : 2.1.1 Determinants
of National
Competitive Advantage-------------------------------- 16
Gambar : 2.1.2 Determinants
of National
Competitive Advantage-------------------------------- 19
Gambar: 2.1.3 Paradigma baru------------------------------ 25
Gambar : 2.4.1 Kerangka Pikir------------------------------ 30
Gambar : 4.2.1.1 Peta Daerah Penghasil Kopi----------- 45
Gambar : 4.3.2 Pola Sinergi Dalam Industri Kopi
Timor-Leste----------------------------------------------- 67
DAFTAR GRAFIK
Grafik : 4.2.1 Lahan Kopi------------------------------------- 46
Grafik : 4.2.2.1 Volume Produksi Kopi-------------------- 58
Grafik : 4.2.2.2 Volume Ekspor Kopi----------------------- 60
Grafik : 4.2.2.3 Nilai Ekspor Kopi Setiap Tahun-------- 61
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran 1 : Surat Keterangan
Selesai Penelitian
Lampiran 2 : Daftar
Pertanyaan Wawancara
Lampiran 3 : Surat
Pernyataan
Lampiran 4 : Motto
Lampiran 5 :
Persembahan
DAFTAR ISTILAH
Nations
Competitive Advantage : Keunggulan Bangsa
Diploma Ministerial No. 01/2009 18 de Setembro procedimentos de
certificação
da origem do café
de Timor Leste :
Surat Keterangan Tingkat Mentri Tanggal 18 September 2009 No. 1 Tentang Surat
Izin Usaha dan budidaya Kopi Organik Timor-Leste Artigo 2 Empresas autorizadas :
Pasal 2 tentang izin usaha Artigo 3 Exportacao café de Timor-Leste :
Pasal 3 tentang ekspor kopi Cooperativa
Café Organic-CCO : Koperasi kopi organic Cooperativa Café Timor-CCT : Koperasi kopi Timor-Leste Departamento Café Cola : Dinas Perkopian
Deração Nacional Plantas Industrias
Comercio-DNPIA-C : Departemen nasional pengembangan industri perkebunan Ministério Agricultura e Pescas-MAP :
Kementrian pertanian dan perikanan.
DAFTAR
PUSTAKA
Laporan
Tahunan Dari Staff IMF Timor-Leste 2005, Perkembangan Ekonomi Dari Berbagai
Sektor Ekonomi Nasional,
Timor-Leste.
M.
S. Amir. 2003, Strategi Memasuki Pasar Ekspor, PPM, Jakarta
Moleong. Lexy. J. Metodologi Penelitian, PT. Remaja
Rosdakarya, Bandung hal. 3
Hinkelman,
G. Edward. 2002, Metode Pengembangan Bisnis Internasional, PPM, Jakarta
Panglayakim,
Jusuf. 2000, Bisnis Internasional Dalam Lingkungan Yang Sedang Berubah, Sinar
Harapan, Jakarta
Porter,
E. Michael. 2007, Strategi Persaingan. Karisma Publishing Group, Tangerang
Rugman,
M. Alan. Dkk. 1999. Bisnis Internasional, PT. Pustaka Binaman Presindo, Jakarta
M.
S. Amir. 2000. Seluk Beluk Dan Teknik Perdagangan Luar Negeri, PPM. Jakarta
David
R. Freed. 2006. Manajemen Strategi. Salemba Empat, Jakarta
Hitt,
A. Michael. Dkk. 2001. Strategic
Management Competitiveness And Globalization Concepts. Salemba Empat
Ball,
A. Donald. Dkk. 2004. Bisnis Internasional: Tantangan Persaingan Global.
Salemba Empat.
Najiyati,
Sri, dan Danarti. 2004. Kopi Budi Daya dan Penanganan
Pasca Panen. Jakarta: Penebar Swadaya.
Dess,
Lumpkin, Eisner. 2005. Strategic
Management, Mc Graw-Hill, International Edition.
Mudrajad
Kuncoro. 2006. Strategi: Bagaimana meraih Keunggulan Kompetitif, Penerbit
Erlangga, Jakarta.
Chandra,
Gregorius. 2005. Strategi Dan Program Pemasaran. Andi, Yogyakarta.
Supratikno,
Hendrawan. 2003. Manajemen Strategi: Teori Dan Aplikasi, FEUKSW. Salatiga
Ratya,
Anandita Dan Reed, R. Michael. 2008. Bisnis Dan Perdagangan Internasional.
Andi, Yogyakarta
Supramono
dan Utami, Intiyas. 2004. Desain Proposal Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Krugman,
Paul. 1980, Perdagangan Internasional, Salemba, Jakarta
Analisis CSIS: Vol. 26 No.5 hal. 464-477.
Sumita,
2002. Industri Kopi Perlu Paradigma Baru.
Kopi indonesia Edisi 110/Th IX/September-Oktober 2002, p:18-19.
Graff,
J. De. 1998. The Economic of Coffe.
Economic of Crops in Developing Countries No. 1. Pudoc Wegeningen.
Netherlandes.
Bahan Dari Internet:
Informasi: http://www.ico.annualrevew.org
Diundup tanggal 14 November 2009
Informasi: http://www.itc.org Diundup tanggal 14 November
2009
Informasi: http://www.TIMOR-LESTE.GOV.TL.com Diundup
tanggal 14 November 2009
Informasi: http://www.diraccaoestatisticanacionaltimorleste.com
Diundup tanggal 14 November 2009
Susila, Wayan R. 2004. Standar Ota Eropa Untuk Kopi:
Musuh Yang Konstruktif. [on line]http://www.ipard.com/art_perkebun/0020504wrs.asp
[16 Januari 2009]. Bogor: Lembaga Riset Perkebunan
Nasional.
Informasi: http://www.diraccaoestatisticanacionaltimorleste.com
Diundup tanggal 14 November 2009
Dian. 2008,
http://www.agrobisnis.com Diundup tanggal
28 April 2010
FAO .
(2009). FAO Report, A Setback in the War against Hunger, http://www.fao.org (25 November 2009).
Masngudi, 2006. Perdagangan Internasional.http://www.ekspordanimpor.com. Diundup
Tanggal 13 November 2009.
H. Denny,
2005, http://www.ekspor-impor.com
Diundup tanggal 15 November 2009
Didik, J. Rakhbini. 2006,http://www.globalisasiperdaganganinternasional.com
Diundup tanggal 15 November 2009
Laporan
Tahunan IMF. 2009, http://www.imf.org.com
Diundup tanggal 17 November 2009
Laporan
Tahunan Oxfam Internasional. 2005, http://www.Worldbank.org.com
Diundup tanggal 1 Desember 2009
ANALISIS POTENSI KOMODITI KOPI SEBAGAI PRODUK UNGGULAN
EKSPOR DI NEGARA REPÚBLICA DEMOCRÁTICA
DE TIMOR-LESTE (RDTL)
Tesis
Diajukan Kepada
Program Pascasarjana Magister Manajemen
Untuk Memperoleh Gelar Magister Manajemen
OLEH:
ANTÓNIO Bani-Lolik CÁRCERES
NPM: 912008906
Program
Pascasarjana Magister Manajemen
Universitas
Kristen Satya Wacana Salatiga (UKSW)
October
2010
ANALISIS POTENSI KOMODITI KOPI SEBAGAI PRODUK UNGGULAN EKSPOR
DI NEGARA REPÚBLICA DEMOCRÁTICA DE TIMOR-LESTE (RDTL)
Tesis
Oleh:
António
Bani-Lolik Cárceres
NPM :
912008906
Telah
disetujui untuk diuji:
Pembimbing
Ir. Lieli
Suharti, MM., Ph.D
LEMBAR PENGESAHAN
Judul Tesis : Analisis Potensi Komoditi Kopi Sebagai Produk Unggulan Ekspor Di Negara
(RDTL)
Nama Mahasiswa : António
Bani-Lolik
Cárceres
NPM : 912008906
Program Studi : Magister Manajemen
Menyetujui,
Ir. Lieli Suharti, MM., Ph.D
Pembimbing
Mengesahkan,
Ketua Program Studi Magister Manajemen
Prof. Cristantius Dwiatmadja, SE.,ME.,Ph.D
SURAT PERNYATAAN
Yang
bertanda tangan di bawah ini:
Nama : António Bani-Lolik Cárceres
NPM : 912008906
Progdi : Magister Manajemen Program Pascasarjana
UKSW
Alamat :
Jl. Diponegoro 52-60 Salatiga-50711
Dengan
ini menyatakan bahwa dalam menulis tesis dengan judul “Analisis Potensi Komoditi
Kopi Sebagai Produk Unggulan Ekspor di Negara República Democrática De Timor-Leste
(RDTL)”, saya tidak melakukan tindakan plagiasi atau mengambil dari karya tulis
orang lain tanpa menyebutkan sumbernya. Jika saya terbukti melakukan tindakan
plagiasi maka, saya bersedia dicabut gelar yang sudah diberikan dan bersedia untuk
diproses berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.
Salatiga,
1 Oktober 2010
Yang
membuat pernyataan,
António
Bani-Lolik Cárceres
“Buka Matenek, Lori Matenek,
Servi Ho
Matenek”
|
Tesis ini ku
persembahkan untuk :
1. Yang tercinta kedua orang tuaku :
·
Bere-Nuak (Alm)
·
Kolo-Waik
(Alma)
2. Persembahan khusus buat istriku yang tercinta
“Anabela
Cristovão dan buah hatiku Desya
Antónia Cristovão Cárceres”
3. Teruntuk kakak Gregorio
dos Santos dan
Carmelita Cárceres
4. Teruntuk Keluarga Laclo dan Nanarica
5. Teruntuk semua keluargaku di
rumah
(Kampung Merdeka)
6. Para pejuang kemerdekaan baik
yang gugur dalam medan perang maupun yang masih hidup.
ABSTRAC
Coffee commodities represent one of the commodity which important enough
especially as Timor-Leste state resource of stock-exchange pass/through
exporting. Coffee also earn represents 90% earnings annual cash to 25%
Timor-Leste resident, commodity coffee in general produced to be exported.
Value export coffee means occupy first ranking since year 2000-2002 before oil
resource processed. After oil exported by hence, commodity coffee in range of
time 2003-2009 occupying both second sequence.
To increase prosperity of society, governmental of Timor-Leste continue
to cope to improve and develop resources potency had especially agricultural
sector with commodity base on plantation of coffee. In this
research of used by analysis researcher is how to identify or find potency
which need to be developed by Timor-Leste government is natural resources
potency which support agro climate goodness and also land; ground with
condition of fertile farm and according to agriculture crop growth and growth
specially commodity coffee with good enough production. Potency had by
Timor-Leste from agricultural sector especially commodity plantation of coffee,
require to be instructed to an pre-eminent commodity which orient exporting
without neglecting natural preservation. For the development of commodity coffee
as pre-eminent product of exporting hence, government beforehand improve to four
the factor among others: (1) conditions factors (factor of production) consist of
natural resources, human resources, technological and infrastructure, (2) demand
conditions (demand factor), domestic demand and international demand, (3)
related/relevant industrial factor and supporter industry is core of commodity
coffee and related/relevant industry and supporter, (4) industry strategy,
structure and competitor consisting of industry strategy in exporting coffee and
also how structure emulation of coffee producer nations. Development through to
this four factor will make commodity coffee pre-eminent Timor-Leste in
international marketing. In the effort commodity development coffee as pre-eminent
product of exporting hence, there is problems faced by government is the amount
of coffee production which still lower. This matter because of limitation of
knowledge.
wahhh
BalasHapuskerenn tesisya tentang Kopi!
salam kenal dari saya
Murni Muin, dari Gulolo, Ermera!