Menurut Hendri Simamora (2001: 415), penilaian kinerja adalah suatu
proses denganya suatu organisasi mengevaluasi pelaksanaan kerja individu.
Kegiatan ini dapat memperbaiki keputusan- keputusan personalia dan
memberikan umpan balik kepada para karyawan tentang pelaksanaan kerja
mereka serta memungkinkan perusahaan mengetahui seberapa baik seorang
karyawan bekerja jika dibandingkan dengan standar-standar organisasi
Terdapat beberapa indikator kinerja karyawan yaitu :
1. Loyalitas
Setiap karyawan yang memiliki tingkat loyal yang tinggi pada perusahaan,
mereka akan diberikan posisi yang baik, hal ini dapat dilihat melalui tingkat
absensi ataupun kinerja yang mereka miliki.
2. Semangat kerja
Perusahaan harus menciptakan suasana dan lingkungan kerja yang kondusif
hal ini akan meningkatkan semangat kerja karyawan dalam menjalankan tugas
di suatu organisasi.
3. Kepemimpinan
Pimpinan merupakan leader bagi setiap bawahannya, bertanggungjawab dan
memegang peranan penting dalam mencapai suatu tujuan. Pimpinan harus
mengikutsertakan karyawan dalam mengambil keputusan sehingga karyawan
memiliki peluang untuk mengeluarkan pendapat, ide dan gagasan demi
keberhasilan perusahaan.
4. Kerjasama
Pihak perusahaan perlu membina dan menanamkan hubungan kekeluargaan
antar karyawan sehingga memungkinkan karyawan untuk bekerjasama dalam
lingkungan perusahaan.
5. Prakarsa
Prakarsa ini perlu dibina dan dimiliki baik itu dalam diri karyawan ataupun
dalam lingkungan perusahaan.
6. Tanggung jawab
Tanggung jawab ini harus dimiliki oleh setiap karyawan baik ia berada pada
level jabatan yang tinggi atau pada level yang rendah.
7. Pencapaian target
Dalam pencapaian target biasanya perusahaan mempunyai strategi-strategi
Sumber: http://id.shvoong.com/business-management/human-resources/2153698-definisi-penilaian-kinerja-dan-indikator/#ixzz2MKuxToVr
Tidak ada komentar:
Posting Komentar