Halaman

Jumat, 01 Maret 2013

Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi

Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi
Pembangunan ekonomi yang telah dilakukan akan menghasilkan berbagai macam kemajuan yang cukup berarti. Untuk mengukur keberhasilan pembangunan ekonomi, ada beberapa indikator yang dapat digunakan. Berikut ini adalah beberapa indikator keberhasilan pembangunan ekonomi.

Pertumbuhan Gross National Product (GNP)
GNP atau yang sering dikenal dengan pendapatan nasional merupakan ukuran kapasitas produksi atau barang dan jasa yang dihasilkan oleh negara. Tingginya pertumbuhan GNP ternyata belum dapat menjamin kesejahteraan penduduk.

Pendapatan per kapita
Pendapatan per kapita adalah ukuran pendapatan nasional yang sudah memperhitungkan jumlah penduduk. Dengan pendapatan per kapita, kita bisa membandingkan perekonomian dari waktu ke waktu. Suatu perekonomian dikatakan berhasil jika pertumbuhan pendapatan per kapita naik secara terus-menerus seiring dengan pertumbuhan penduduk.

Indeks kualitas hidup dan indeks pembangunan manusia
Indeks kualitas hidup adalah indeks nonekonomi untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat. Indeks kualitas hidup merupakan gabungan dari tiga indikator, yaitu:
1. kematian bayi (jumlah kematian bayi yang berumur di bawah satu tahun per 1000 yang lahir per tahun).
2. angka harapan hidup mulai umur 1 tahun.
3. tingkat melek huruf (dalam persentase).

Dengan melihat indikator-indikator tersebut, kita dapat mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan ekonomi yang berhasil dicapai oleh suatu bangsa. Jika pendapatan nasional, pendapatan per kapita, dan indeks kualitas hidup serta indeks pembangunan manusia masih rendah, berarti pembangunan ekonomi masih belum sesuai dengan yang diharapkan.



Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2213441-indikator-keberhasilan-pembangunan-ekonomi/#ixzz2ML1d5s3o

3 komentar:

  1. sudah baik artikelnya, semoga lebih baik dan saya rasa ini kurang lengkap . sukron :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA IBU SUKMA Sengaja ingin menulis
      sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
      kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
      Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
      500 JT saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
      melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
      dengan AKI SAKTI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 HARI
      saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI sakti
      kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
      penarikan uang gaib 2Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
      dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya
      minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
      buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
      Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
      sering menyarankan untuk menghubungi Aki Sakti DI NOMOR 085_242_421_477
      agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi Aki Sakti pasti akan di bantu Oleh Beliau

      Hapus
  2. Terima kasih artikelnya sobat walaupun belum lengkap tapi sudah sangat membantu :)

    BalasHapus